Pemerintah Kecamatan Pace Gelar Lomba Cipta Menu B2SA Berbasis Pangan Lokal

Dorong Kreativitas Pengolahan Bahan Baku Lokal Lewat Lomba Cipta Menu B2SA dan Kudapan Non Beras dan Non Terigu

NGANJUK, PING - Guna meningkatkan pengetahuan, perilaku serta pemikiran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA), Kecamatan Pace melalui Tim Penggerak PKK Kecamatan Pace menggelar kegiatan lomba cipta menu non beras non terigu.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Camat Pace Ida Shobihatin. Kegiatan yang berlangsung di Pendopo Kecamatan Pace pada Kamis (11/8/2022) dihadiri oleh Sekcam Pace, Ketua Tim Penggerak PKK Desa se Kecamatan Pace beserta anggota.

Ida Shobihatin mengatakan lomba ini bertujuan untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 serta menambah wawasan bagi masyarakat dalam mengolah makanan.

"Selain itu masyarakat dapat mengembangkan ide-ide kreatifnya dalam mengolah makanan yang tidak harus senantiasa berbahan dasar beras," jelasnya. 

Dijelaskan Ida, sumber karbohidrat yang dahulu biasa dikonsumsi semakin tergeser sejalan dengan perubahan gaya hidup masyarakat, sehingga perlu upaya merubah pola pikir masyarakat ke arah pola konsumsi B2SA.

"Khususnya dalam memilih dan menentukan menu B2SA sesuai kemampuan yang berpotensi sumber daya lokal dengan memanfaatkan potensi pangan guna menunjang hidup sehat, aktif dan produktif," terangnya.

Lebih lanjut Ida menyampaikan bahwa tidak hanya kegiatan Lomba Cipta Menu saja yang akan diadakan oleh Kecamatan Pace akan tetapi ada 2 kegiatan lainnya yang akan diselenggarakan pada bulan ini yaitu lomba kader berprestasi dan bazar. 

"Dari kegiatan ini nantinya akan kami cari bibit-bibit terbaik tingkat kecamatan dan nanti akan diambil kejuaraan 1, 2, dan 3 saja. Untuk juara 1 nantinya akan ikut berpartisipasai mewakili kecamatan dalam kegiatan lomba cipta menu tingkat Kabupaten," pungkasnya.

"Semoga kegiatan ini nanti bisa berjalan dengan lancar dan nantinya bisa menimbulkan ide-ide kreatif bagi masyarakat, terutama sekali untuk bisa membuat menu makanan menu masakan yang lebih beragam lagi dan lebih bergizi dan juga seimbang bagi keluarga sehingga keluarga kita bisa Sehat Sejahtera Amin,"tutupnya.

Baca Juga : 

0 Komentar