Pagelaran Duta Seni Budaya Kabupaten Nganjuk di TMII Jakarta

Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olahraga dan Kebudayaan Kabupaten Nganjuk menyelenggarakan pegelaran seni daerah dan budaya di Anjungan Jawa Timur Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dalam acara pergelaran paket kesenian daerah, Minggu (21/07/2019).

Aneka pertunjukan mulai pergelaran tari daerah, campur sari, langen tayub serta seni pertunjukan rakyat “Babad Bumi Anjuk Ladang” yang menceritakan tentang kejayaan Mpu Sendok dalam merebut tanah perdikan dari Kerajaan Sriwijaya dengan ditandai dengan adanya Prasasti Tugu kemenangan yaitu Jaya Stamba.

Selain menampilkan pentas seni dan budaya, juga diselenggarakan pameran produk-produk unggulan khas dari Kabupaten Nganjuk.

Acara ini dibuka oleh Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidhayat, S.Sos., M.M. Turut hadir  Wakil Bupati Nganjuk Dr. Drs. Marhaen Djumadi, S.E, S.H, M.M, MBa, Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur di Jakarta Drs. Dwi Suyanto, M.M., Sekretaris Daerah Nganjuk Ir. Agoes Soebagijo, Dandim 0810/Nganjuk Letkol (Kav) Joko Wibowo, Wakil DPRD Nganjuk beserta anggota, Jajaran Forkopimda Nganjuk, Kepala OPD se Kabupaten Nganjuk, Camat se Kabupaten Nganjuk, Kepala SMP se Kabupaten Nganjuk dan Paguyuban warga Nganjuk di Jakarta.

Dalam sambutannya Bupati Nganjuk Novi mengatakan kegiatan  ini merupakan sarana mempromosikan kesenian, budaya dan makanan khas Kabupaten Nganjuk kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

“ Potensi Kabupaten Nganjuk sangat luar biasa, mudah- mudahan tiga tahun kedepan masuk lima besar terbaik di Jawa Timur . Potensi yang sangat luar biasa di Nganjuk bukan hanya di bidang industri dan pertanian tetapi potensi yang terpendam yaitu di bidang seni dan budaya serta UMKM, “ ujar Mas Novi.

“Alhamdulillah, Kabupaten Nganjuk salah satu bagian dalam tunggal rogo mandiri (Lingkar Wilis Selatan), ditunjuk sebagai pelaksana pembangunan Lingkar Wilis Selatan dan menjadi tuan rumah oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, “tambahnya.

Pada Kesempatan yang sama Ketua paguyuban Nganjuk di Jakarta Sri Wardani, menyampaikan bahwa kemajuan Kabupaten Nganjuk sangat pesat dengan ditandainya pertunjukan seni dan budaya ini, itu semua tak lepas dari inovasi dan energi Bupati Nganjuk.

“Mudah-mudahan dengan pagelaran seni budaya Nganjuk ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung di Kabupaten Nganjuk, “ujar Sri Wardani.

Acara ini juga dimanfaatkan oleh warga Kabupaten Nganjuk yang tinggal di Jakarta untuk melepas rasa kangen dan sebagai tempat bersilaturahmi antar warga Kabupaten Nganjuk yang tergabung dalam Paguyuban Warga Nganjuk (PAWARTA). (Hs-Ys/Diskominfo)

0 Komentar