PA Nganjuk Sediakan Layanan Prodeo

Pelayanan Gratis Upaya Peningkatan Akses Masyarakat Terhadap Keadilan

NGANJUK, PING-Pengadilan Agama (PA) Nganjuk memberi pelayanan cuma-cuma atau gratis bagi masyarakat yang berperkara di sana. Pelayanan tersebut bernama Prodeo. Ketua PA Nganjuk Abdul Hakim, S.Ag, SH menjelaskan, Prodeo adalah proses berperkara di pengadilan secara gratis. Anggararannya berasal dari Mahkamah Agung (MA) melalui PA Nganjuk.

"Layanan hukum Prodeo ini untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap keadilan. Terutama bagi masyarakat miskin dan terpinggirkan," kata Abdul Hakim saat ditemui PING di ruang kerjanya, Kamis (16/09/2021).

Dijelaskan Abdul Hakim, setiap warga masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi berhak mendapatkan layanan hukum Prodeo. Dengan catatan, sepanjang memenuhi persyaratan.

"Semua perkara di PA bisa diajukan permohonan Prodeo. Pemohon Prodeo juga berhak mendapatkan semua jenis layanan secara gratis yang berkaitan dengan pemeriksaan perkara dari awal sampai akhir yang menjadi tugas dan wewenang kami. Manfaatkan fasilitas pelayanan tersebut," ujar Abdul Hakim.

Sementara itu, Dyah Puspita Suningrum, SH, MH selaku Sekretaris PA Nganjuk menambahkan, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh masyarakat yang hendak mengajukan layanan hukum Prodeo di PA Nganjuk. Misalnya, setiap pemohon harus melampirkan foto kopi KTP, dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa atau kelurahan tempat tinggal. “Dengan mengetahui camat”, ungkapnya.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk melampirkan surat keterangan tunjangan sosial lainnya dari pemerintah. Hal itu sebagai penanda bahwa masyarakat tersebut benar-benar kurang mampu.

Misalnya seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), kartu Program Keluarga Harapan (PKH), dan kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Atau dokumen lainnya yang berkaitan dengan daftar penduduk miskin dalam basis data terpadu pemerintah. Atau yang dikeluarkan oleh instansi lain yang berwenang untuk memberi keterangan tidak mampu," tambah wanita berjilbab itu.

(ZK/AL)

Baca Juga :          

0 Komentar