judul

Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan untuk Penuhi Kebutuhan Pangan

NGANJUK, PING-Kebutuhan pangan dapat terpenuhi secara mandiri. Caranya dengan memanfaatkan tanah pekarangan dengan menanami aneka tanaman maupun untuk memelihara ikan untuk lauk.

Saat ini, pemerintah tengah menggalakkan program Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP). Adapun pelaksananya adalah PKK. Guna memastikan program tersebut berjalan optimal di Kota Bayu, Ketua TP-PKK Kabupaten Nganjuk Hj. Yuni Rahma Hidhayat berkesempatan mengunjungi Desa Kalianyar, Ngronggot pada Kamis (18/03/2021).

Setibanya di sana, Mbak Yuni berkesempatan meninjau pekarangan milik Ibu Wahid. Kesan pertama di sana adalah rindang dan asri. Mbak Yuni juga melihat tanaman belimbing yang tengah berbuah, dan berukuran besar. “Kelihatannya segar,” kata istri Bupati Novi Rahman Hidhayat tersebut.

Kemudian, Mbak Yuni berkesempatan berkeliling di sisi lain pekarangan. Pada pekarangan yang terletak di belakang rumah tersebut, nampak berbagai tanaman tumbuh subur. Mulai tanaman pisang Cavendish yang ditumpang sari dengan sauran cabai, tanaman obat keluarga (TOGA), maupun berbagai tanaman hias lain di berbagai sudunya.

Dari situ, Mbak Yuni langsung terkesan. Ia mengajak warga dan pengurus PKK yang hadir untuk meniru Ibu Wahid yang memanfaatkan pekarangannya untuk ditanami buah-buahan, TOGA maupun tanaman hias. “Kalau matang tinggal petik. Jadi tidak perlu beli,” imbuh wanita yang akrab disapa Yuni Shopia ini.

Selain meninjau PTP, Mbak Yuni juga berpesan agar sinergitas pemerintah dan PKK untuk terus dipupuk. Apalagi, PKK merupakan mitra yang siap mendukung suksesnya pembangunan, dan aktif menggerakkan masyarakat. 

“Kita bangun peran dari bawah ke atas ke seluruh pihak untuk ikut aktif. Seperti salah satunya kampanye PTP ini. Ibu Wahid bisa jadi contoh. Atau kalau bisa ikut menularkan ilmu. Agar pekarangan bisa dimanfaatkan lebih produktif,” katanya menutup acara yang dilanjutkan dengan panen belimbing bersama-sama tersebut.

sumber : humaskabupatennganjuk

foto: humaskabupatennganjuk

0 Komentar