Optimalkan PPKM, Ini Upaya Satgas COVID-19 Kabupaten Nganjuk

Operasi Yustisi untuk Tegakkan Protokol Kesehatan

NGANJUK, PING-Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Nganjuk menggelar operasi yustisi di halaman Balai Pertemuan Kecamatan Berbek, Kamis (02/09/2021). Operasi itu sengaja dilakukan dalam rangka optimalisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3.

Sedangkan operasi yang dilakukan adalah penegakkan protokol kesehatan (prokes). Dengan tujuan mencegah penyebaran COVID-19 di Kota Bayu.

Hal itu seperti diungkap Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Nganjuk Samsul Huda, SH, MH. Ia mengatakan, operasi yustisi tersebut adalah tindak pidana ringan (tipiring) bagi masyarakat yang melanggar prokes selama berlangsungnya PPKM Level 3.

“Pelanggar akan disidang oleh pengadilan sebagai bentuk teguran karena melanggar prokes. Untuk itu mari kita bekerja sama untuk menerapkan prokes untuk mencegah penyebaran Covid-19,” jelas Samsul Huda saat hadir pada operasi yustisi tersebut.

Samsul menambahkan, operasi tersebut juga tindak lanjut atas pelaksanaan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 35/2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan. Dari operasi yustisi tersebut, terdapat lebih dari 20 orang yang melanggar prokes. Seperti tidak memakai masker. 

Usai mendapat teguran, para pelanggar diarahkan kepada Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS). “Untuk dilakukan pemberian sanksi sosial dan denda administratif,” lanjut Samsul.

Sebagai informasi, operasi yustisi tersebut diikuti oleh gabungan petugas dari berbagai unsur. Seperti Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kejaksaan Negeri Nganjuk, Pengadilan Negeri Nganjuk, Polres Nganjuk, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk. (AE)

0 Komentar