Mendes Kunjungi BUM Desa Balongasem Lengkong

Produk BUMDes Desa Setempat yang Miliki Kualitas Jempolan

NGANJUK, PING-Selain mengunjungi Desa Pandantoyo, Kertosono, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar juga berkesempatan hadir di Desa Balongasem, Lengkong, Sabtu (24/04/2021). Di Desa Balongasem, mantan Ketua DPRD Jatim itu dijamu di salah satu rumah, yang juga memproduksi sepatu kulit. Kebetulan, industri rumahan tersebut merupakan milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sejahtera, milik setempat.

Di sana, pria yang akrab disapa Gus Mneteri ini nampak kagum dengan sepatu hasil karya warga setempat. Berkali-kali ia menunjukkan ekspresi kekagumannya. "Bagus ya, keren," katanya.

Di tengah kunjungannya, ia turut memberi arahan. Gus Menteri mengatakan kunci pembangunan di Indonesia itu ada di desa. Jika ingin lndonesia maju maka desanya harus dimajukan.

"Seperti dikatakan Presiden Jokowi yaitu membangun Indonesia dari pinggiran yaitu desa. Diselesaikan di desa dan keberhasilan agregatifnya dirasakan oleh level di atasnya," kata menteri asal Jombang.

Mengetahui kualitas produk sepatu kulit produksi BUMDes Sejahtera, Desa Balongasem tersebut, Gus Menteri mengatakan bahwa produk BUMDes tersebut tidak kalah kualitasnya dengan produk import.” Sepatu ini juga memiliki brand sendiri, yakni Baker’s,“ terangnya.

Camat Lengkong Ir. Sugeng Dono Prasojo, M.Si menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran Menteri PDTT di Lengkong, khusunya Desa Balongasem. Kehadiran Gus Menteri semakin memberikan semangat kepada BUMDes setempat agar lebih meningkatkan pengelolaannya.

"Sesuai salah satu amanat Bupati Nganjuk yaitu kemandirian ekonomi. Sehingga kami perlu meningkatkan pembinaan agar BUMDes yang di kecamatan sesuai dengan harapan yaitu sebagai penyangga perekonomian di tingkat desa," harap Dono.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Balongasem Bowo Fitrianto mengatakan tujuan industri sepatu merk Baker’s ini merupakan trobosannya sebagai kepala desa. Tujuannya guna meningkatkan perekonomian masyarakat agar lebih maju. “Menjadikan transisi masyarakat desa Balongasem,“ imbuhnya.

Bowo berharap dengan adanya BUMDes Sejahtera, pemerintah daerah bisa memberikan dukungan serta membantu promosi produk unggulan milik dari desanya tersebut. Sehingga bisa dikenal banyak masyarakat luas, khusunya masyarakat luar Kota Bayu.

Rekomendasi

judul.

0 Komentar