Memperingati Hari Veteran Nasional, LVRI Nganjuk Ziarah ke TMP Yudha Pralaya

Berpesan Untuk Generasi Muda Untuk Tetap Menjaga Kedaulatan NKRI

NGANJUK, PING- Sebagai tanda penghargaan dan penghormatan bagi para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada masa perang, pemerintah dan masyarakat Indonesia turut memperingati Hari Veteran Nasional setiap tahunnya. Peringatan ini jatuh setiap tanggal 10 Agustus.

Selain itu, Hari Veteran Nasional juga dimaksudkan untuk mengenang gencatan senjata pada 10 Agustus 1949 setelah para pejuang melawan tentara Belanda di Surakarta.

Acara tersebut juga diperingati oleh para Veteran Nganjuk di Taman Makam Pahlawan Yudha Pralaya yang bertemat di Sukorejo, Loceret pagi ini pada Rabu, (10/08/2022).

“Veteran ini adalah suatu peristiwa yang ditandai berkat perjuangan leluhur kita yaitu para tentara yang membentuk suatu organisasi setelah kemerdekaan yaitu Tentara Rakyat Indonesia. Kemudian tentara Belanda kembali berusaha menduduki Indonesia dan para veteran tersebut juga turut ambil andil melawan penjajah,” ungkap Letkol (Purn) Kapiarso Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia Kabupaten Nganjuk.

Seperti yang diketauhi bahwa pada saat itu tentara Indonesia dipimpin oleh kolonel Slamet Riyadi yang melakukan gencatan senjata. Kemudian gencatan senjata yang terjadi pada 10 Agustus itu menjadi titik penetapan Hari Veteran Nasional yang dikuatkan melalui Ketetapan Presiden Nomor 30 tahun 2014 tentang Hari Veteran Nasional.

Selanjutnya, Kapiarso berharap pada peringatan Veteran kali ini bahwa masyarakat Indonesia harus tetap mempertahankan NKRI, berjuang tanpa pamrih, mempelopori segala kegiatan untuk kemajuan dan untuk kesejahteraan bangsa dan negara.

“Untuk veteran ini adalah mengemban tugas pokok kita untuk mewariskan jiwa semangat juang tentara 45 dimana perjuangan itulah yang tetap relevan sampai akhir jaman nanti. Itulah sifat jiwa juang yang diwajibkan oleh anggota veteran untuk tetap mewariskan nilai-nilai kepada generasi-generasi yang berikutnya,” tambah Kapiarso.
Hal senada juga disambut dan didukung penuh oleh Komandan Dandim Letkol Tri Joko Purnomo yang juga turut memperingati Hari Veteran.

“Kita sebagai generasi muda dan penerus sudah seharusnya kita mendorong dan membantu senior-senior kita karena semakin kesini anak muda ini makin banyak tidak tahu tentang sejarah bangsa Indonesia. Ada kalimat dari pendiri bangsa ini bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawan. Jadi harapan kami pesan kami kepada generasi muda ke depan kita tetap tetap menghargai jasa para pahlawan,” tambahnya.

0 Komentar