Mbangun Desa Noto Kutho, Kang Marhaen Tingkatkan Kapasitas Kelembagaan Desa

Wujudkan tata kelola pemerintahan yang baik sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi)

NGANJUK, PING Upaya peningkatan kapasitas kelembagaan Pemerintahan Desa (Pemdes) dan Kelembagaan Desa terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk. Tujuannya untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing kelembagaan organisasi pemerintah. 

“Pemerintah Desa dan Lembaga Desa harus saling koordinasi, komunikasi dan berkolaborasi yang baik. Saling bekerjasama sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing. Untuk pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa,” tutur Kang Marhaen pada kegiatan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Perangkat Desa dan Lembaga Desa di Kecamatan Wilangan, pada Rabu (16/11/2022). 

Dalam arahannya, Kang Marhaen menyampaikan tentang pentingnya pembinaan peningkatan kapasitas bagi Aparatur Desa beserta Lembaga Desa. Kang Marhaen mengatakan kegiatan tersebut merupakan bukti dan komitmen Pemerintah yang selalu hadir untuk masyarakat. Pemerintah terus berupaya meningkatkan sumber daya yang dimiliki desa agar semakin berkualitas, kreatif dan inovatif. 

“Mbangun Desa Noto Kutho,” tegas Kang Marhaen menyebut selain pembangunan fisik yang merata, pembangunan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) juga sangat penting untuk kemajuan desa. 

Selanjutnya, Kang Marhaen mengungkapkan, pihaknya terus berupaya mendorong jajarannya untuk selalu berinovasi dan membuat terobosan baru. Terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Desa dan Lembaga Desa harus selalu pro-aktif memberikan informasi dan transparansi kepada masyarakat. Tentang program dan pembangunan-pembangunan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa,” pungkasnya. 

Baca Juga: Sebelas Kades PAW di Kabupaten Nganjuk Telah Resmi Dilantik

Sebagai informasi, kegiatan pembinaan kapasitas gelombang I tersebut diikuti oleh tiga desa di Kecamatan Wilangan. Yakni Desa Sudimoroharjo, Desa Ngadipiro dan Desa Wilangan. Pesertanya terdiri dari Kepala Desa, Perangkat Desa, dan Kelembagaan Desa seperti RT, RW, BPD, PKK Desa, Karang Taruna, LKD dan Kader Desa. 

Hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Nganjuk Puguh Harnoto dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Nganjuk Suharono. Turut hadir Camat Wilangan beserta Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimcam) Wilangan.

Puguh Harnoto, Kepala Dinas PMD Kabupaten Nganjuk saat menyampaikan materi

Puguh Harnoto, Kepala Dinas PMD Kabupaten Nganjuk menyampaikan melalui kegiatan ini diharapkan semuanya dapat memahami peran lembaga kemasyarakatan desa sesuai dengan tanggung jawab dan tupoksinya masing-masing. Serta dapat memahami juga bagaimana cara membangun kerjasama dan pengambilan keputusan dalam memecahkan permasalahan di masyarakat.

“Sehingga bisa membawa Kabupaten Nganjuk yang sejuk, guyub-rukun dan tetap kondusif. Nganjuk Nyawiji, Mbangun Desa Noto Kutho,” tuturnya sembari mencontohkan permasalahan di lingkungan RT cukup diselesaikan ditingkat RT saja, begitu pun seterusnya. 

“Kegiatan peningkatan kapasitas ini dilaksanakan di 20 Kecamatan di Kabupaten Nganjuk. Kecamatan Wilangan menjadi Kecamatan kelima. Sebelumnya, kegiatan peningkatan kapasitas juga telah dilaksanaan di Kecamatan Pace, Kecamatan Berbek, Kecamatan Jatikalen, dan Kecamatan Ngronggot,” imbuh mantan Camat Baron tersebut. 

(ZK/AL)

Baca Juga: 

0 Komentar