Lantik Pengurus PEPADI, Ini Pesan Disparporabud

Tumbuh Kembangkan Seni Pedalangan di Kota Bayu

NGANJUK, PING-Pengurus Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Nganjuk periode 2021-2026 resmi dilantik pada Selasa (30/11/2021) malam. Pelantikan dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Nganjuk. Dan yang melantik adalah Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olahraga, dan Kebudayaan (Disparporabud) Kabupaten Nganjuk, Drs. Gunawan Widagdo, M.Si, mewakili Plt. Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA.

Pelantikan ditandai dengan pembacaan ikrar. Kemudian dilanjutkan dan pemasangan samir oleh Gunawan Widagdo kepada pengurus PEPADI yang baru.

Dalam sambutannya Gunawan berpesan agar pengurus PEPADI yang baru dilantik agar terus konsisten menumbuh kembangkan seni budaya. Apalagi pedalangan perlu mendapat perhatian dalam rangka pelestarian seni budaya.

"Untuk menumbuhkembangkan seni budaya yang perlu diperhatikan dalam pelestarian salah satunya adalah dengan seni pedalangan. Maka melalui wadah PEPADI ini akan mempersatukan para dalang yang ada di Kabupaten Nganjuk," tuturnya.

(Pembacaan Ikrar Para Pengurus PEPADI Periode 2021-2026).

Menurut Gunawan, Plt Bupati Kang Marhaen juga berpesan bahwa profesi dalang tidaklah mudah. Karena harus dapat menguasai beberapa aspek keterampilan.

Mulai dari penguasaan materi cerita, materi gending, materi sastra, dan keterampilan memainkan solah wayang yang disebut dengan sabet. Maka dari itu, perlu adanya inovasi dan kreatifitas yang dapat menjadikan pertunjukan wayang kulit bisa berjalan menarik.

"Untuk itu, meneruskan pesan Kang Marhaen, beliau menyampaikan semoga pengurus PEPADI yang baru ini bersama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Nganjuk bergandeng tangan melestarikan seni budaya pedalangan di Nganjuk," tambahnya sambil menyampaikan apresiasi bagi pengurus PEPADI periode sebelumnya.

(Pemuda Berprestasi Kabupaten Nganjuk Yang Berhasil Mengharumkan Kota Bayu).

Usai pelantikan, Gunawan berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada R. Moh Luthfi Badaralam atas prestasinya yang berhasil membawa nama harum Nganjuk dengan meraih juara dua Pemuda Pelopor tingkat nasional. Kemudian turut diserahkan pula berbagai penghargaan lain bagi peraih prestasi lainnya. "Kami juga sangat bangga dan berterima kasih atas prestasi-prestasi yang ditorehkan oleh pemuda Nganjuk," tutup Gunawan.

Sebagai informasi susunan pengurus inti PEPADI Kabupaten Nganjuk periode 2021-2026 yaitu Ki Partono menjabat sebagai Ketua, Ki Sabdo Yudanto sebagai Wakil Ketua, Ki Ali. M.Siswoko sebagai Sekretaris I, Ki Suwardi, S.Pd sebagai Sekretaris II, Ki Eko Suseno, SE sebagai Bendahara I dan Ki Ali Yusuf sebagai Bendahara II.(yos/zak)

 

Baca Juga :

0 Komentar