Laboratorium PCR RSUD Nganjuk Beroperasi Mulai 14 Desember 2020

Menyingkat waktu hasil swab. Dari beberapa minggu menjadi 2-3 hari. Percepat penanganan COVID-19 di Nganjuk

Pemeriksaan swab test atau tes usap di Kota Angin kini tak harus menunggu dalam waktu hingga berminggu-minggu. Pasalnya, laboratorium polymerase chain reaction (PCR) RSUD Nganjuk akan segera dioperasikan mulai Senin (14/12) nanti.

Jelas pengoperasian laboratorium untuk pemeriksaan Covid-19 itu, kemarin tim dari Dinkes Provinsi Jatim dan Dinkes Nganjuk melakukan visitasi untuk mengecek kelengkapannya.

Dipimpin oleh Kabid P2P Dinkes Provinsi Jatim drg MVS Mahanani M.Kes, mereka langsung mengecek sejumlah sarana dan prasarana yang ada di laboratorium PCR.


(Petugas laboratorium PCR RSUD Nganjuk memberi penjelasan kepada tim visitasi DInkes Provinsi Jatim)

“Sesuai hasil exit conference, rekomendasinya sudah memenuhi standar minimal lab (laboratorium, Red) BCL2”, ujar Kepala Instalasi Laboratorium RSUD Nganjuk dr Erawati Armayani Sp.PK.

Sesuai persyaratan, jelas Era, syarat untuk pengoperasian laboratorium PCR haruslah memenuhi standar lab BCL2. Karenanya, dengan rekomendasi tersebut berarti lab PCR RSUD Nganjuk sudah bisa dioperasikan.

Selain kesiapan sarana laboratorium, menurut perempuan berjilbab itu, RSUD Nganjuk juga sudah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang akan mengoperasikan. “Mereka sudah latihan bio safety dan bio security. Sudah siap”, lanjut Era sembari menyebut untuk sementara hanya akan mengoperasikan satu sif.

Dengan beroperasinya lab PCR di RSUD Nganjuk, jelas Era, pihaknya tidak perlu lagi mengirim sampel swab ke sejumlah laboratorium di Surabaya. Melainkan, bisa ditangani di internal RSUD Nganjuk. Demikian juga dengan hasil tracing dari puluhan Puskesmas di Nganjuk dan RSUD Kertosono.


(Petugas laboratorium PCR RSUD Nganjuk menunjukkan sejumlah alat kepada tim visitasi Dinkes Provinsi Jatim)

Operasional laboratorium, jelas Era, juga membuat waktu pemeriksaan lebih singkat. Jika biasanya hasil swab baru akan keluar dalam waktu beberapa minggu, kedepan bisa keluar dalam waktu 2-3 hari. “Rencananya akan beroperasi mulai Senin (14/12),” tutur Era sembari berharap penanganan Covid-19 di Kabupaten Nganjuk bisa lebih cepat dengan pengoperasian laboratorium PCR tersebut.

Sebelum pengoperasian Senin nanti, Era mengakui masih memerlukan waktu selama sekitar dua hari untuk sterilisasi ruangan dan alat yang akan digunakan. Tahap ini menurutnya penting untuk menjaga kualitas alat dan memastikan ruangan steril.

Sementara itu, Kabid P2P Dinkes Provinsi Jawa Timur drg MVS Mahanani M.Kes yang kemarin melakukan visitasi mengaku mengapresiasi kesiapan RSUD Nganjuk dalam membangun laboratorium PCR. Dia menyatakan laboratorium PCR RSUD Nganjuk sudah lengkap. “Untuk menjadi jejaring laboratorium di Jawa Timur harus tetap ada visitasi untuk melihat kesiapannya. Dan, RSUD Nganjuk ini sudah lengkap”, tuturnya.

Sumber: Radar Nganjuk

Diinformasikan, masyarakat yang memerlukan layanan Swab PCR dan Rapid test antigen dapat menghubungi nomor layanan 08523361119

Baca juga:
Konfirmasi Covid Meningkat, Satgas Ajak Tegakkan Kembali SE Bupati Nganjuk

1 Komentar

Riefa Uswana

Alhamdulillah semoga Nganjuk segera bebas dari COVID-19