Nganjuk, PING – Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi dorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk untuk terus meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat, baik itu pelayanan yang bersifat darurat maupun pelayanan yang bersifat umum lainnya.
Kang Marhaen mengatakan hal ini sebagai upaya memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan berkualitas bagi masyarakat Kota Bayu. Untuk itu pihaknya mengajak seluruh OPD bersama-sama membangun komitmen menciptakan pelayanan publik yang bermutu.
“Pemimpin harus berada di barisan terdepan. Harus action, tidak hanya sekedar slogan saja,” tegasnya saat membuka acara konsolidasi yang bertajuk Bangkit Bersama Wujudkan Pelayanan Prima, Rabu (29/6/2022) di Pendopo K.R.T Sosro Koesoemo Nganjuk.
Dalam konsolidasi santai yang dikemas melalui acara Ngopi Bareng tersebut, Kang Marhaen mengajak kepada seluruh pejabat publik Pemkab Nganjuk menjadi pelayan masyarakat yang proaktif.
“Saat ini banyak masyarakat yang peduli dan kritis terhadap pelayanan pemerintah. Untuk itu kita harus bangkit bersama mewujudkan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” tambahnya.
Dalam pelayanan prima, Kang Marhaen juga menyebutkan pentingnya publikasi. Mulai dari proses hingga hasil dari pelayanan prima tersebut wajib dipublikasikan kepada masyarakat.
“Kita harus menampung laporan-laporan yang menjadi keluhan masyarakat dan wajib mengeksekusinya. Setelah itu jangan lupa untuk mempublikasikan hasilnya agar mendapatkan feedback dari masyarakat,” imbuhnya.
Sementara itu dalam laporannya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nganjuk Slamet Basuki menyampaikan dukungannya atas ikhtiar Pemkab Nganjuk dalam mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat.
Sebagai bentuk dukungan, Slambas menyebutkan pihaknya yang mengelola Command Center Kabupaten Nganjuk telah membuka pelayanan darurat 24 jam kepada masyarakat.
Adapun pelayanan darurat terkait gangguan kamtibmas, pertolongan kesehatan, kerusakan jalan dan jembatan, permasalahan sosial, kerusakan Penerangan Jalan Umum (PJU) dan rambu lalu-lintas, kebencanaan, serta kebakaran, dan evakuasi hewan liar.
“Bila masyarakat menemukan kondisi darurat, dapat melaporkan melalui website Wadul Bupati Nganjuk. Atau call center melalui telepon atau whatsapp di 081131181001,” tuturnya sembari menyebut masyarakat dapat memantau proses dan hasil layanan darurat melalui website.
Sebagai informasi, acara Ngopi Bareng Kang Marhaen tersebut dihadiri oleh Kepala OPD Dinas atau Badan se-Kabupaten Nganjuk khususnya OPD pengampu layanan darurat command center beserta petugas pelaksana dan admin media komunikasi (medkom). Turut hadir sebagai undangan Asisten dan Staf Ahli Bupati, beserta media dan instansi swasta lainnya.
BACA JUGA:
Kang Marhaen Dukung Program Pelayanan Publik Terpadu
Dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Publik, ASN Adakan Bimtek Penyusunan Anjab dan ABK Tahun 2022
Tingkatkan Layanan Digital Publik, Pemkab Nganjuk Ikuti Asistensi Penerapan SPBE