Kemitraan SSR TB-HIV Care Aisyiyah Dan Pemkab Nganjuk Atasi Penularan TBC

Pendampingan Pengobatan dan Edukasi Sampai Pada Kesembuhan

Dalam acara Strengthening and Networking Ex Patient Organization, Sub-Sub Recipient (SSR) TB-HIV Care Aisyiyah Kabupaten Nganjuk, mengadakan pertemuan Pemangku Kepentingan untuk penguatan KMP dan Organisasi TBC di Daerah.

Program ini dilaksanakan hampir 3,5 tahun bekerjasama dengan Global Fund berakhir di bulan Desember 2020 ini. Bertempat di Ruang Rapat Hotel Front One Nganjuk, Senin (21/12/2020), agenda ini dihadiri oleh Pimpinan Daerah Aisyiyah, Kepala SSR, perwakilan dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial PPPA, Dinas PMD, Kepala Puskesmas Nganjuk, Kader SSR TB-HIV Care, Lazizmu, Basnas, PKK dan mantan pasien TBC. 

SSR TB-HIV Care Aisyiyah melakukan implementasi kegiatan tetap bersinergi tidak hanya internal organisasi tetapi juga lintas sektor dan dari masyarakat sendiri. Dalam kesempatan ini juga membahas arahan, strategi dan inisiasi keberlangsungan program supaya tetap berlanjut meskipun sudah tidak bekerja sama dengan Global Fund. 

Karena tujuan jangka panjang dalam pertemuan ini adalah untuk eliminasi tuberkulosisi pada tahun 2030 serta mengakhiri epidemic tuberkulosis maka, Umi Nisai Mahmudah, S.Pd. I, selaku Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten mengajak seluruh pemangku kepentingan yang hadir untuk menguatkan komunitas dengan berdasar pada QS – Al Ma’un.

Upaya pengobatan pada pasien TB sudah jelas karena di Puskesmas sudah ada pengobatan, tetapi yang terpenting adalah tingkat dalam menyeleseaikan kasus TBC ini. TB-HIV Care Aisyah bekerja sama dengan seluruh Puskesmas yang ada di Nganjuk, melatih kader TB untuk pendampingan pengobatan dan edukasi sampai pada kesembuhan adalah termasuk upaya yang selama ini dilakukan. Oleh karena itu, harapannya kemandirian dari pasien adalah utamanya supaya program penanggulangan TB ini berjalan lancar. 

Pada kesempatan tersebut setelah penandatanganan komitmen bersama, para tamu undangan juga sepakat menanggulangi dan memutus mata rantai TBC bersama-sama karena ini juga tanggung jawab bersama. 

0 Komentar