Kecamatan Gondang Gelar Pembinaan Kapasitas Anggota Linmas Desa

Sebagai tindaklanjut dari Perbup Nganjuk no. 2 tahun 2022

NGANJUK, PING - Dalam rangka meningkatkan pembinaan kapasitas anggota lingkungan masyarakat (Linmas). Pemerintah Kecamatan Gondang mengadakan pembinaan pada Selasa (27/09/2022) bertempat di Pendopo Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk. 

Hadir dalam kegiatan Camat Gondang, Perwakilan dari Polsek, Koramil, Perwakilan Bidang Linmas Satpol PP Kabupaten Nganjuk, Perwakilan dari Dinas Pemadam Kebakaran dan peserta sebanyak 119 anggota Linmas Desa se Kecamatan Gondang. 

Pembinaan kapasitas Linmas ini merupakan bentuk dari Peraturan Bupati (Perbup) Nganjuk no. 2 tahun 2022 tentang Pedoman Unsur Pemberdayaan Linmas Desa. 

Salah satunya yaitu membantu penanganan  ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu. 

Baca juga : Hadiri Simulasi Pemberdayaan Satlinmas, Kang Marhaen Apresiasi Kekompakan Satlinmas Rejoso

Dalam sambutannya Darmantono selaku Camat Gondang mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang sudah hadir dalam acara.

"Kami ucapkan terima kasih kepada anggota Linmas yang hadir dalam acara hari ini. Terkait dengan Linmas ada beberapa hal yang harus diketahui diantaranya apa saja yang harus dipersiapkan saat menjadi anggota Linmas. Sehingga anggota Linmas harus betul-betul memahami tugas dan fungsinya,"  tutur Darmantono memberi arahan.

Baca juga : Perkuat Keutuhan NKRI Anggota Linmas, Camat Pace Lakukan Pembinaan Pentingnya Peran Satlinmas

Pihaknya menjelaskan bahwa tugas Linmas sangat penting bagi masyarakat. Linmas harus bersinergi, harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan di tengah-tengah masyarakat. Linmas juga didorong untuk membaur dengan kelompok-kelompok masyarakat guna menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayah Desa," terangnya.  

Baca juga : Kasatpol-PP Targetkan Revitalisasi Satlinmas Desa/Kelurahan

Darmantono juga mengusulkan agar Desa bisa merekrut beberapa Linmas wanita. Sebagai persiapan untuk mengahadapi Pemilu tahun 2024. 

(Cy/Cs)

 

0 Komentar