Kapolda dan Pangdam Tinjau Lokasi Longsor Selopuro

Kerahkan 400 personil gabungan dan pasukan K9

Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Suharyanto, bersama dengan Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr. Nico Afinta, Rabu (17/2/2021) sore, mengunjungi wilayah banjir dan tanah longsor di Dusun Selopuro, Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk. Selain meninjau lokasi longsor, Pangdam V Brawijaya dan Kapolda Jatim, juga melakukan peninjauan di Posko Tanggap Darurat Tanah Longsor serta di lokasi pengungsian.

Kapolda Jawa Timur, Irjen Nico Afinta menyebutkan, bahwa pihaknya telah mengerahkan 400 personil gabungan dari TNI, Polri, Basarnas, Tagana serta para relawan untuk mencari korban bencana yang masih tertimbun tanah longsor. Selain mengerahkan ratusan personil gabungan, Personil K9 (anjing pelacak) juga dikerahkan untuk menditeksi korban yang ada di titik-titik tertentu. Nico juga menjelaskan bahwa pihaknya juga melibatkan psikolog untuk melakukan trauma healing guna memulihkan trauma bagi anak-anak korban bencana.

Didampingi Danrem 081/Dhirotsaha Jaya, Bupati Nganjuk, Komandan Kodim 0810 serta Kapolres Nganjuk, Kapolda menyatakan hingga saat ini, masih ada enam korban longsor yang belum ditemukan. “Bagaimanapun juga, korban harus kita temukan semua,” tegas Nico. Kapolda melihat bahwa sinergitas dari TNI dan Polri serta dari Pemkab sudah baik dalam menangani bencana ini. Nico menghimbau kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati menghadapi cuaca buruk yang sering terjadi.

Kapolda Jawa Timur dan Pandam V/Brawijaya, pada saat bersamaan juga memberikan bantuan secara langsung kepada korban bencana tanah longsor di Ngetos juga korban banjir yang melanda wilayah Kabupaten Nganjuk.

0 Komentar