Kang Marhaen Resmikan Posyandu Remaja ‘ASIK’ Kelurahan Kramat

Wujudkan Generasi Penerus Bangsa yang Amanah, Sehat, Inovatif, Kreatif, dan Berakhlak Mulia

Nganjuk, PING – Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi meresmikan Posyandu Remaja ‘ASIK’ Kelurahan Kramat pada Kamis (30/6/2022) di Punden Kelurahan Kramat. Hadir mendampingi Kang Marhaen, Wakil Ketua I TP-PKK Kabupaten Nganjuk Yuni Marhaen, Camat Nganjuk beserta Ketua TP-PKK Kecamatan Nganjuk, dan Lurah Kramat beserta Ketua TP-PKK Kelurahan Kramat.

Turut hadir sebagai tamu undangan, Lurah se-Kecamatan Nganjuk beserta semua kader dan anggota posyandu balita, posyandu remaja, dan posyandu lansia, serta tokoh masyarakat Kelurahan Kramat.

Kehadiran Kang Marhaen dalam peresmian Posyandu Remaja ‘ASIK’ Kelurahan Kramat ini merupakan bentuk kehadiran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk di tengah masyarakat. Dalam sambutannya, Kang Marhaen menegaskan bahwa Kabupaten Nganjuk harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

“Mimpi kita sederhana, Nganjuk memiliki SDM yang berkualitas. Untuk itu, dimulai dari sejak dalam kandungan hingga lanjut usia, warga Nganjuk hidupnya harus sehat juga sejahtera,” tutur Kang Marhaen sembari menyebut SDM unggul dan berkualitas harus dilaksanakan, bukan sekedar slogan. 

Kang Marhaen mengajak semua pihak untuk bersama-sama bersinergi mewujudkan SDM unggul dan berkualitas di Kabupaten Nganjuk, khususnya di Kelurahan Kramat. Melalui Posyandu Remaja ‘ASIK’, pihaknya berharap dapat mencetak remaja yang bermutu.

“Kita persiapkan dan bekali para remaja agar memiliki pola hidup yang sehat. Sebelum mereka memasuki kehidupan rumah tangga dan memiliki anak,” jelasnya.

Sebagai informasi, sebagai wujud dari SDM unggul dan berkualitas, masyarakat Kelurahan Kramat telah berhasil menorehkan prestasi-prestasi, yakni juara 2 lomba Bina Keluarga Remaja (BKR) dan juara 3 lomba Bina Keluarga Lansia (BKL) tingkat Provinsi Jawa Timur.

Sementara itu, Camat Nganjuk Hari Moektiono menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kang Marhaen. Dengan hadirnya Plt Bupati Nganjuk, diharapkan dapat memberikan semangat dan motivasi pihaknya beserta jajarannya dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Serta mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang sehat dan berkualitas.

Hari Moektiono, dalam laporannya menyampaikan dukungan dan komitmennya bersama dengan pemerintah kelurahan untuk mengentaskan permasalahan stunting di wilayahnya. Menurunkan angka stunting 25 persen menjadi 14 persen.

“Alhamdulillah khusus di Kelurahan Kramat, angka stunting 14 anak di tahun 2021 turun menjadi 4 anak pada tahun 2022. Ini merupakan prestasi kita bersama,” ungkapnya.

Selanjutnya, mantan Sekretaris Kecamatan Tanjunganom tersebut menjelaskan pentingnya mempersiapkan generasi emas sebagai penerus bangsa. “Melalui posyandu remaja 'ASIK' Kelurahan Kramat, kita persiapkan generasi muda yang Amanah, Sehat, Inovatif, Kreatif dan Berakhlak Mulia,” jelasnya.

Menurutnya, mencegah terjadinya stunting sangatlah penting. Salah satunya dengan memberikan pendampingan dan penyuluhan kepada generasi muda atau remaja. Mempersiapkan mereka sebelum membentuk keluarga dalam pernikahan.

“Sehingga ketika mempunyai anak, melahirkan anak yang sehat. Karena anak yang dilahirkan kurang sehat diawali dengan pola hidup dan pola asuh yang tidak sehat,” tambahnya sembari menyebut pihaknya juga tengah menyiapkan program Posyandu Kesehatan Jiwa bagi warga masyarakat yang berpotensi memiliki gangguan kejiwaan di wilayahnya.

(ALPH/ZK)

 

BACA JUGA:

Bentuk Posyandu Kesehatan Jiwa, Dinkes Kabupaten Nganjuk adakan Rakor Sosialisasi

0 Komentar