Kang Marhaen Resmikan Gudang Digital KUD Sumber Pangan Nganjuk

Dorong Percepatan UMKM dan Ekonomi Lokal Semakin Berkembang

NGANJUK, PING-Plt Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA meresmikan Gudang Digital Koperasi Unit Desa (KUD) Sumber Pangan Nganjuk yang berlokasi di Desa Kacangan, Kecamatan Berbek, Kamis (13/01/2022). Peresmian itu menjadi bukti upaya pemerintah daerah mendorong percepatan UMKM dan ekonomi lokal semakin berkembang.

Menurut Kang Marhaen, terpilihnya Kota Bayu sebagai titik awal program Gudang Festival di Jawa Timur merupakan bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk bersama Induk KUD atau INKUD menggandeng Surge yang berafiliasi dengan Jaringan Logistik Indonesia (JLI) untuk mendirikan gudang digital sebagai pengembangan KUD di era digitalisasi. Kehadiran Surge dan INKUD dalam pengembangan pelaku UMKM di masa-masa seperti ini dirasa sangat pas.

“Karena program terobosan Surge ini, diharapkan dapat melengkapi berbagai stimulus yang diberikan Kabupaten Nganjuk untuk mendukung pemulihan usaha UMKM Nganjuk,” ujar Plt Bupati Kang Marhaen.


Kang Marhaen serahkan produk unggulan UMKM Nganjuk kepada Direktur Utama INKUD 
Portasius Nggedi

“Semoga dengan adanya gudang digital ini bisa memanfaatkan teknologi digital sehingga pelaku UMKM dapat memperoleh akses bantuan modal hingga meningkatkan pemasaran produknya. Dengan harapan bisa mensejahterakan masyarakat dan menjadi spirit KUD lainnya yang ada di Kabupaten Nganjuk,” tambah Kang Marhaen.

Sementara itu, Portasius Nggedi selaku Direktur Utama INKUD mengungkapkan, langkah kolaborasi ini ditempuh untuk modernisasi jaringan Induk KUD, Pusat KUD dan KUD lewat teknologi digital. Peresmian KUD Sumber Pangan Nganjuk tersebut, termasuk aksi berkelanjutan bersama Surge untuk membantu Koperasi dan UMKM di wilayah Jawa Timur agar masuk dalam ekosistem digital

“Dengan Festival Gudang ini, pasokan produk-produk koperasi, UMKM yaitu pertanian dan industri kerajinan di sekitar gudang KUD di Jawa Timur akan lebih mudah disalurkan dalam ekosistem yang dimiliki Surge. Sehingga harapannya dapat memajukan ekonomi daerah lewat Koperasi dan UMKM,” ungkapnya.

Secara simbolis Kang Marhaen memotong pita, tanda peresmian KUD 
Sumber Pangan Nganjuk

Sebagai informasi, turut hadir dalam peresmian tersebut Direktur Utama JLI, Dwi harianto. Kemudian, perwakilan Kementerian Koperasi dan UKM, dan pengurus KUD Provinsi Jawa Timur.

Hadir pula Plt Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Ngajuk Drs. Supiyanto, MM, Camat Berbek Ardiansyah Winardi, S.STP, M.Si , dan jajaran Pemerintah Desa (Pemdes) Kacangan, serta pengurus KUD Sumber Pangan.

Seremonial peresmian sendiri ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kang Marhaen. Dengan di awali ucapan basmallah, gudang digital KUD Sumber Pangan diresmikan oleh Plt Bupati Kang Marhaen. (Hs/Ys/Cs/Yos)


 

Baca Juga :

0 Komentar