Kang Marhaen Pimpin Apel Gelar Pasukan Antisipasi Bencana

Upaya Pemkab Nganjuk Antisipasi Kejadian Bencana Alam

NGANJUK, PING – Plt Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA memimpin apel gelar pasukan dalam rangka antisipasi terjadinya bencana alam di Kota Bayu, Senin (25/10/2021). Apel tersebut berlangsung di halaman GOR Bung Karno dengan diikuti lintas sektor.

Dalam sambutannya Kang Marhaen mengatakan, saat ini harus dilakukan peningkatan sinergitas antar berbagai pihak. Hal itu sebagai upaya pencegahan, mitigasi, dan peningkatan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di Kabupaten Nganjuk.

“Apel gelar pasukan ini merupakan komitmen Pemkab Nganjuk dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam di Kabupaten Nganjuk. Masalah kebencanaan merupakan tanggung jawab kita semua,” ujar Kang Marhaen memimpin apel.

Kang Marhaen juga menyinggung amanat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkait langkah-langkah antisipasi terjadinya bencana alam. Pertama adalah mulai saat ini harus bisa menganalisa dan mengindentifikasi tempat-tempat yang berpotensi terjadi bencana alam. Misalnya, bencana alam yang sering terjadi di Nganjuk adalah banjir, tanah longsor, gempa bumi, maupun angin puting beliung.

Langkah kedua yaitu mengindentifikasi risiko bencana alam. Serta menyiapkan tempat evaluasi jika terjadi bencana alam. Kang Marhaen lantas menyebut Kabupaten Nganjuk saat ini telah memiliki Desa Tangguh Bencana yang berada di Kecamatan Sawahan. “Yaitu Desa Duren, di Sawahan,” lanjut Kang Marhaen sambil mendorong Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk rutin mengadakan kegiatan pelatihan kepada masyarakat terkait antisipasi bencana. 

Sebagai informasi, apel gelar pasukan tersebut diikuti jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Nganjuk. Sedangkan peserta apel adalah para petugas dari berbagai unsur.

Misalnya Polres Nganjuk, Kodim 0810/Nganjuk, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD, Badan Sar Nasional (Basarnas), Taruna Siaga Bencana (Tagana), dan Pramuka Kwarcab Nganjuk. 

Usai memimpin apel, Kang Marhaen berkeliling untuk melihat langsung kesiapan para petugas tersebut. Kang Marhaen didampingi oleh Kapolres Nganjuk AKBP Jimmy Tana, dan Dandim 0810/Nganjuk Letkol Inf Gregorius Luky Ariesta.

(AL/YS/HS) 

 

BACA JUGA: 

Laksanakan Arahan PresidenDalam Rakornas, BPBD Nganjuk Tingkatkan Mitigasi Bencana

0 Komentar