Kang Marhaen Menyimak Penyerahan 124.120 Sertifikat Tanah oleh Presiden

Berlangsung Secara Virtual dalam Rangka Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang

NGANJUK, PING-Plt Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA mengikuti acara penyerahan sertifikat tanah secara virtual oleh Presiden Joko Widodo, Rabu (22/09/2021). Kegiatan tersebut dalam rangka peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang tahun 2021.

Total ada sebanyak 124.120 sertifikat tanah yang diserahkan oleh kepala negara. Jumlah tersebut untuk masyarakat yang tersebar di 127 kabupaten dan kota, dari 26 provinsi di Tanah Air.

Dalam kesempatan yang sama, juga turut dilaksanakan penyerahan sertifikat aset milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang. Serta sertifikat program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2021 bagi warga Kabupaten Nganjuk.

Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo menegaskan, penyerahan sertifikat ini merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam mencegah terjadinya konflik agraria di Indonesia. Penyerahan sertifikat kepada masyarakat juga sebagai upaya untuk melindungi kepastian hukum atas kepemilikan tanah. "Artinya, kepastian hukum atas tanah adalah memberikan hak dan keadilan untuk kepentingan bersama kepada pemilik bidang tanah," terang Presiden Joko Widodo.

Dijelaskan presiden, penyerahan sertifikat tanah ini merupakan langkah dan komitmen pemerintah. Terutama dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat atas hak kepemilikan tanah. "Seperti komitmen negara dalam mewujudkan reformasi agraria bermasyarakat yang damai," tandasnya.

Menurut Presiden Joko Widodo, dari 124.120 sertifikat bidang tanah yang diserahkan, 5.512 di antaranya adalah hasil penyelesaian konflik agraria di tujuh provinsi. Dan delapan kabupaten maupun kota menjadi prioritas pada tahun ini.

"Atas penyerahan sertifikat ini saya harap konflik agraria tidak lagi terulang. Karena telah memiliki kepastian hukum atas kepemilikan tanah," pesan presiden.

Sebagai informasi, di Kota Bayu, Plt Bupati Marhaen menyimak kegiatan tersebut dari Ruang Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk. Atas penyerahan sertifikat tanah tersebut, Kang Marhaen mengapresiasi langkah yang telah dilakukan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Nganjuk. 

"Apresiasi setinggi-tingginya kepada BPN Nganjuk atas kerja sama dan dukungannya. Sehingga warga masyarakat Nganjuk sudah banyak yang memiliki sertifikat, yang saat ini penyerahan dilakukan secara masal dan serentak di seluruh Indonesia," pungkas Kang Marhaen. (Hs/Ys)

0 Komentar