Kang Marhaen Menjadi Inspektur Upacara Peringatan HUT ke-76 RI

Berlangsung Sederhana di Tengah Pandemi COVID-19

NGANJUK, PING-Plt Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA menjadi inspektur upacara (irup) peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan ke 76 Republik Indonesia, Selasa (17/08/2021). Pelaksanaan upacara berlangsung sederhana dan terbatas. Meningat masih dalam masa pandemi COVID-19.

Upacara dimulai pukul 07.00. Pelaksanaan berjalan khidmat. Seluruh peserta mengambil sikap sempurna. Dan hormat, saat Sang Saka Merah Putih dinaikkan untuk dikibarkan pada tiang bendera di halaman Pendopo Kabupaten Nganjuk itu.

Dalam amanatnya, Plt Bupati Marhaen mengatakan bahwa peringatan HUT ke 76 RI yang sederhana merupakan amanat dari pemerintah pusat. Mengingat situasi yang masih dalam masa pandemi COVID-19. Baik di tingkat pemerintah daerah maupun pemerintah kecamatan, upacara dilaksanakan dengan sederhana dan terbatas.

Pada momentum HUT ke 76 Proklamasi Kemerdekaan RI ini, Kang Marhaen mengajak seluruh elemen masyarakat melanjutkan semangat perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Salah satu caranya adalah dengan mengenang sejarah perjuangan para pahlawan kusuma bangsa. "Berkat jasa beliau-beliau para pahlawan, kita semua dapat merasakan kemerdekaan. Maka, kita harus meneruskan semangat tersebut," kata Kang Marhaen.


Kang Marhaen serahkan penghargaan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memasuki masa purna tugas

Menurut Kang Marhaen, semangat patriot perjuangan pahlawan bangsa patut menjadi tauladan bersama. Terutama dalam rangka melanjutkan dan menjaga kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Untuk itu, sebagai peninggalan yang bersejarah, maka kita harus mengenang perjuangan kemerdekaan. Agar kelak menjadi bangsa yang tangguh," lanjutnya sambil menyebut tema peringatan HUT ke 76 Proklamasi Kemerdekaan RI adalah "Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh".

Sebagai informasi, upacara tersebut diikuti puluhan peserta. Mereka berasal dari berbagai lembaga. Pada sela-sela upacara, turut dilakukan penyerahan penghargaan. Pertama, bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memasuki masa purna tugas.

Kemudian, penghargaan atas bagi pemerintah kecamatan maupun desa yang turut mendukung dan mewujudkan program Nganjuk Smart City, dalam rangka Mbangun Deso Noto Kutho. Penghargaan itu diberikan kepada 191 desa, 19 kelurahan, dan 20 kecamatan. Secara simbolis diberikan kepada Kecamatan Berbek, dan Kecamatan Tanjunganom. Kemudian, Desa Tiripan, Kecamatan Berbek, dan Desa Sidoharjo, Kecamatan Tanjunganom

Kemudian, Kang Marhaen juga memberi penghargaan kepada juara pertama Pemuda Pelopor tingkat provinsi, yang merupakan perwakilan Kota Bayu. Penghargaan tersebut diserahkan kepada Muhammad Lutfi Badaralam dari Bidang Sosial, Agama dan Budaya. Kemudian, Dimas Panji Nugroho dari Bidang Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), Lingkungan, dan Pariwisata.

Usai upacara tersebut, Plt Bupati Marhaen bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Nganjuk melanjutkan kegiatan dengan mengikuti upacara detik-detik peringatan HUT ke 76 Proklamasi Kemerdekaan RI secara virtual. Upacara yang dipimpin Presiden Joko Widodo itu diikuti secara daring dari Pendopo Kabupaten Nganjuk. (Hs/Ys)

 

Baca Juga : 

0 Komentar