Kang Marhaen Lantik Pengurus KTNA Wilangan, Diharapkan Bisa Ciptakan Hasil Produk Sendiri

Sebagai Salah Satu Program Pemerintah untuk Bangkitkan Sektor Pertanian

NGANJUK, PING- Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) merupakan ajang pertemuan para petani dan nelayan yang digagas tokoh tani nelayan sejak tahun 1971. Dengan adanya KTNA diharapkan mampu mengubah pola pikir petani agar tidak selalu menggantungkan pupuk subsidi dan beralih ke pupuk organik yang lebih efisien juga lebih mudah untuk dijangkau. Hal ini disampaikan oleh Plt. Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi, saat menghadiri Pelantikan Pengurus KTNA, Rabu (20/07/2022) di Kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Wilangan.

Dalam sambutannya, Kang Marhaen menyampaiakan bahwa dengan dibentuknya pengurus KTNA diharapakan mampu menciptakan hasil produk sendiri asli Wilangan seperti pupuk organik padat atau cair.

Menurut Kang Marhaen, suksesnya suatu program KTNA dapat dibentuk dari tiga hal. Pertama, di Wilangan dapat membentuk suatu koperasi agar mampu membangkitkan ekonomi, khususnya di bidang pertanian sehingga bisa mensejahterakan kelompok dan petani.

Baca juga : Kang Marhaen Kukuhkan Kepengurusan KTNA Tanjung Makmur Periode 2022-2027

“Kedua, KTNA Wilangan dapat menelurkan pupuk kandang atau pupuk cair, mengingat adanya kelangkaan pupuk yang kerap terjadi. Dan yang ketiga, KTNA Kecamatan Wilangan tidak sekadar menjadi perkumpulan biasa, namun dapat menghasilkan sesuatu,” ujar Kang Marhaen.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Judi Ernanto, sangat mengapresiasi dan mendukung dengan dilantiknya pengurus KTNA. Menurutnya, program ini sangat efisien untuk pengembangan sektor pertanian yang ada di Wilangan dengan metode-metode dan program kerja yang jelas, serta bisa mendongkrak para petani untuk lebih maju dan sukses.

“Kami berharap hasil pertanian yang dikelola oleh UMKM dari masing-masing kelompok tani yang ada di Wilangan mempunyai hasil produk sendiri,” terang Judi.

Baca juga : Demi Nganjuk Sebagai Penyangga Pangan, Bupati Dorong KTNA Jadi Agen Perubahan Inovatif

Sebagai informasi, hadir dalam acara Kepala Dinas Pertanian Yudi Ernanto, Ketua KTNA Kabupaten Nganjuk Sugito, Korwil Badan Penyuluhan Pertanian (BPP),  Kepala Desa se Kecamatan Wilangan, serta Poktan dan Gapoktan.

(Cy/Cs)

 

0 Komentar