Kang Marhaen Dukung Penuh Pemuda Pelopor Nganjuk di Tingkat Nasional

Dukungan disampaikan kepada Yona Prasegi Pemuda Pelopor Bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata yang menjadi wakil dari Provinsi Jawa Timur

NGANJUK, PING- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk menerima tim juri Pemuda Pelopor Tingkat Nasional di Pendapa KRT. Sosro Koesoemo Pemkab Nganjuk, Selasa (27/7/2022). Kunjungan tersebut dalam rangka fact finding atau tinjau lapangan atas lolosnya finalis Pemuda Pelopor Kabupaten Nganjuk ke Tingkat Nasional.

Finalis Pemuda Pelopor asal Kabupaten Nganjuk tersebut adalah Yona Prasegi, finalis dibidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata yang menjadi wakil dari Provinsi Jawa Timur.

Rombongan tim juri dari Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) disambut langsung oleh Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi bersama Forkopimda Nganjuk, Dinas Pariwisata dan Olah Raga Provinsi Jawa Timur, Sekretaris Daerah Kabupaten Nganjuk dan Kepala Dinas Porabudpar Kabupaten Nganjuk serta turut hadir dalam penyambutan, Anggota DPRD Kabupaten Nganjuk dan Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di Kabupaten Nganjuk.

Kang Marhaen sapaan akrab Plt Bupati Nganjuk merasa sangat bangga atas prestasi yang diraih Yona Prasegi maju di Tingkat Nasional. “Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk bersama masyarakat Nganjuk mendukung dan men-support penuh pemuda-pemuda Nganjuk yang memiliki kepeloporan dan kreatif,” tukasnya.

Baca Juga : Disporabudpar Seleksi Pemuda Pelopor Anjuk Ladang Tahun 2022

Kang Marhaen menegaskan, Pemkab Nganjuk memberikan dukungan penuh pada pemuda pelopor nasional tahun 2022 perwakilan Kabupaten Nganjuk dan Provinsi Jatim. “Hari ini kita dukung penuh ananda Yona Prasegi,” tegasnya optimis Yona Prasegi bisa meraih juara satu di tingkat Nasional.

Selanjutnya Kang Marhaen memaparkan tentang kepeloporan Yona Prasegi kepada tim juri Kemenpora. Menurutnya, Yona Prasegi memiliki kelebihan dan diferensiasi pembeda. Pemuda Pelopor Nganjuk mampu merubah sampah logam menjadi nilai tambah dan bernilai ekonomis tinggi. “Souvenir Mandalika adalah salah satu produk olahan limbah logam dari mas Yona Prasegi,” bebernya.

Menurut Kang Marhaen, produk Yona Prasegi memiliki karakter yang beda dan dikerjakan menggunakan alat-alat tradisional. Sehingga mampu menambah nilai manfaat dan ekonomis pada limbah logam yang awalnya tidak terpakai.

“Proses pembuatannya juga melibatkan anak-anak muda sekitar. Anak-anak muda diberdayakan disini, untuk mengurangi resiko negatif anak muda,” urai Kang Marhaen menyampaikan kepeloporan Yona Prasegi kepada tim juri Kemenpora.

Sementara itu, Agus Prayitno Perwakilan dari tim juri Kemenpora menjelaskan maksud dan tujuanya datang di Kabupaten Nganjuk adalah untuk fact finding, yaitu untuk membuktikan dan mencocokkan secara langsung dokumen atau proposal yang telah dikirimkan dengan kegiatan yang dilakukan Yona Prasegi khususnya tentang kepeloporannya dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata.

Baca Juga : Lolos ke Tingkat Provinsi, Pemuda Pelopor Asal Waung Baron Jalani Penilaian Fact Finding

“Kami sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Nganjuk yang telah berhasil mencetak pemuda-pemuda pelopor yang tangguh. Kabupaten Nganjuk berhasil mencetak pemuda pelopor di tingkat Nasional pada tahun lalu. Ini adalah prestasi yang sangat luar biasa,” tukas Agus Prayitno.

Usai melakukan beberapa rangkaian penyambutan, tim juri bersama dengan rombongan meninjau langsung kepoloporan Yona Prasegi di Desa Waung Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk. (Zk/Nr)

0 Komentar