Kang Marhaen Dorong Produk Lokal Nganjuk, Masuk E-katalog

Pemkab fasilitasi dan permudah produk UMKM Nganjuk dapat masuk E-katalog

NGANJUK,PING- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk dorong  seluruh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Nganjuk untuk masuk dalam E-katalog lokal LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah).

Plt Bupati Nganjuk Kang Marhaen, mengatakan hal ini sebagai upaya untuk mengembangkan dan memajukan UMKM yang ada di Kota Bayu. Apalagi menurutnya hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah tentang Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

“Sehingga para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bisa ikut mengakses dana- dana dari pemerintah. Empat puluh persen dari APBD Nganjuk harus terserap oleh E-katalog lokal,” tutur Kang Marhaen saat membuka acara Ngopi Bareng UMKM Nganjuk, Kamis (23/6/2022) di Pendopo K.R.T Sosro Koesoemo Pemkab Nganjuk.

Menambahkan, Kang Marhaen menyebut Pemkab Nganjuk melalui dinas terkait akan memfasilitasi pembuatan E-katalog lokal bagi UMKM Nganjuk. Untuk itu, pihaknya mendorong dan mengajak para pelaku usaha UMKM untuk segera bisa masuk di E-katalog lokal.

“Sehingga kebutuhan barang Pemerintah Kabupaten Nganjuk yang dianggarkan dalam APBD, bisa untuk belanja prodak lokal UMKM Nganjuk yang sudah masuk dalam E-katalog,” bebernya.

Dengan semakin banyaknya produk lokal yang masuk ke dalam E-katalog, Kang Marhaen berharap akan dapat menggerakkan perekonomian masyarakat Nganjuk, terutama untuk mendukung produksi produk asli Kota Bayu. “Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) termasuk di dalamnya koperasi, bisa ikut menikmati APBD Nganjuk,” tambahnya.

Lebih lanjut, Kang Marhaen juga menyampaikan pentingnya membangun kepuasan konsumen atau pembeli bagi UMKM. Agar benar-benar meningkatkan kualitas dari apa yang akan dipasarkan. “Menerapkan konsep marketing bukan sekedar selling. Marketing goalnya adalah kepuasan pembeli, pelanggan dan konsumen," imbuhnya.

Sebagai informasi, acara Ngopi Bareng Plt Bupati Nganjuk dihadiri oleh Sekda Nganjuk, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Nganjuk, dan perwakilan UMKM se Kabupaten Nganjuk. Di akhir acara Kang Marhaen juga  menyerahkan bantuan BPJS Ketenagakerjaan berupa santunan Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP) dan Beasiswa kepada ahli waris.

(ZK/ALPH/NR)

Baca Juga :

0 Komentar