Kang Marhaen Dampingi Tim Penilai Lomba PTP dan Bank Sampah di Desa Ngluyu

Berdayakan Masyarakat Dalam Mewujudkan Keluarga Sehat dan Sejahtera

NGANJUK, PING- Untuk mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di tingkat desa, Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi bersama Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Nganjuk, Sri Wahyuni dan Tim Penilai Klarifikasi Lapangan Lomba mengunjungi Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Senin (27/06/2022).

Kedatangan Tim Penilai dari Kabupaten dalam rangka penilaian klarifikasi lapangan Lomba Desa Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) dan Bank Sampah Tingkat Kabupaten Nganjuk Tahun 2022.

Dalam sambutannya, Kang Marhaen mengatakan bahwa prestasi Kabupaten diawali dari prestasi desa karena bersentuhan langsung dengan masyarakat. Salah satunya, yakni melalui lomba TP PKK ini menjadi inovasi desa dalam mendukung program-program pemerintah daerah," terangnya.

"Pemerintah desa dan masyarakat desa perlu terus didorong agar senantiasa kreatif dan inovatif, karena di desalah terletak berbagai potensi sumber daya untuk pembangunan. Sehingga akan terwujud Kabupaten Nganjuk yang maju, adil, dan makmur melalui penguatan infrastruktur dan peningkatan kualitas sumber daya manusia," jelasnya Kang Marhaen.

Tanaman Toga yang ditanam Tim PKK Desa Ngluyu di ajang Lomba PTP dan Bank Sampah
Tanaman Toga yang ditanam Tim PKK Desa Ngluyu di ajang Lomba PTP dan Bank Sampah

Dituturkan Kang Marhaen, dengan lomba ini diharapkan dapat mencetak SDM yang berkualitas serta mampu memanfaatkan pekarangan dengan tanaman yang bergizi. Demi perbaikan kesehatan warga setempat, Kang Marhaen juga berharap untuk bisa mencegah dan menurunkan angka stunting di Kabupaten Nganjuk.

Lebih lanjut, Kang Marhaen menyampaikan bahwa lomba TPP ini bukan ajang untuk menentukan siapa yang menang dan kalah. Tetapi mengajarkan kepada masyarakat di tingkat desa tentang proses.

“Artinya, bahwa pemerintah Kabupaten Nganjuk berharap agar masyarakat mampu mandiri dalam meningkatkan kesejahteraannya. Baik kesejahteraan ekonomi, kesehatan dan kesetaraan gender, “ pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Ngluyu, Suparno, mengucapkan selamat datang atas kunjungan Bapak Plt Bupati Nganjuk dalam agenda penilaian lapangan lomba PTP dan Bank Sampah di Desa Ngluyu.

"Ini merupakan salah satu kehormatanan bagi warga Ngluyu atas kunjungan Kang Marhaen di Desa Ngluyu. Ini menjadi motivasi kita dalam mensukseskan program pemerintah melalui lomba TPP," tambahnya. (Hs/Ys)

 

 

 

Baca Juga :

0 Komentar