Kang Marhaen Awali Pembangunan Islamic Center Kabupaten Nganjuk

Lakukan Peletakkan Batu Pertama dan Renovasi Masjid Besar Nurul Huda Tanjunganom

NGANJUK, PING-Plt Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA meletakkan batu pertama tanda pembangunan Islamic Center Kabupaten Nganjuk yang berlokasi di kompleks Masjid Besar Nurul Huda Tanjunganom, Senin (13/09/2021). Selain penanda awal pembangunan, kehadiran Kang Marhaen juga dalam rangka memulai renovasi masjid yang terletak di Kelurahan Warujayeng, Tanjunganom itu.

Kang Marhaen hadir didampingi Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Nganjuk S Wahyuni Marhaen Djumadi. Serta sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk lainnya. Seperti Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Mokhamad Yasin, M.Si, dan Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Nganjuk Drs. Gunawan Widagdo, M.Si, serta jajaran Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimcam) Tanjunganom.

Dalam sambutannya Kang Marhaen menyampaikan bahwa Masjid Besar Nurul Huda merupakan salah satu masjid milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk. Untuk itu, ia mengajak masyarakat sekitar untuk memakmurkan masjid. Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Nganjuk untuk memakmurkannya adalah dengan membangun Islamic Center di sana.

“Masjid tidak sekadar menjadi tempat ibadah. Sebagai Islamic Center, masjid juga menjadi tempat rekreasi religi. Tujuannya untuk memakmurkan masjid,” kata Kang Marhaen.

Lanjut Kang Marhaen, masjid juga bisa menjadi tempat perputaran ekonomi. Dengan cara memanfaatkan area sekitar masjid untuk pertokoan. Hasil dari perputaran ekonomi tersebut diharapkan berjalan baik. Sehingga bisa bermanfaat dan memakmurkan masjid kembali.

“Dan kami berharap Masjid Besar Nurul Huda Tanjunganom ini bisa menjadi ikon kebanggaan Kabupaten Nganjuk. Fungsi memakmurkan, fungsi ekonomi, dan wisata religi dapat berjalan dengan baik. Dengan tujuan untuk memakmurkan masjid,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pelaksana Pengelola Masjid (BPPM) Masjid Besar Nurul Huda Tanjunganom KH Moch Syamsuddin Al-Aly mengucapkan terima kasihnya atas terselenggaranya acara tersebut. Hal tersebut adalah hasil kerja sama yang baik dari berbagai pihak. “Semua terlaksana karena adanya kerjasama yang baik antara ulama, umaroh, dan masyarakat,” ungkap pengasuh Pondok Pesantren Al Fattah, Pule, Tanjunganom itu.

KH Syamsuddin juga mengucapkan apresiasinya kepada Pemkab Nganjuk. Sebab, Pemkab Nganjuk juga turut berperan dalam proses pembangunan Islamic Center maupun renovasi Masjid Besar Nurul Huda Tanjunganom.

“Rencananya di sini nanti akan kita bangun menara masjid, dan ruko-ruko masjid. Seperti di Madinah yang saat adzan berkumandang, semua akan tutup. Semua dari masjid, dan untuk masjid. Dari masyarakat, untuk masyarakat,” pungkasnya sambil berharap doa restu dan pembangunan mendapat kemudahan Allah SWT.

Baca Juga : Kang Marhen Kukuhkan Pengurus BPPM Masjid Besar Nurul Huda Tanjunganom

0 Komentar