Kang Marhaen Apresiasi Pembahasan Raperda LKPj

Berjalan Lancar dan Berharap Percepat Pembahsan APBD Perubahan 2021

NGANJUK, PING-Plt Bupati Nganjuk DR Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA menghadiri rapat paripurna yang diselenggarakan DPRD Kabupaten Nganjuk, Jumat (09/07/2021). Paripurna berisi agenda pengesahan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Nganjuk tentang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2020.

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk Tatit Heru Tjahjono. Turut hadir beberapa anggota DPRD dan OPD terkait. Selebihnya peserta mengikuti paripurna secara virtual.

Dalam sambutannya Kang Marhaen menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran legislatif atas kerja kerasnya dalam pembahasan LKPj ini. “Alhamdulillah hari ini persetujuan bersama antara DPRD dan Pemkab Nganjuk, untuk pengesahan dan penetapan Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2020,” kata Kang Marhaen tentang acara yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Nganjuk itu.


Penandatanganan 
persetujuan bersama antara DPRD dan Pemkab Nganjuk terkait Raperda LKPj

Usai LKPj tersebut, Kang Marhaen berharap proses pembahasan APBD perubahan tahun 2021 segera berlangsung. Pasalnya, perubahan tersebut bisa menjadi stimulus. Yakni berputarnya keuangan, yang dapat berdampak pada pemulihan ekonomi. Apalagi pasca Pemberlakuan Pembatasa Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. “Agar ekonomi masyarakat kembali bergerak,” lanjutnya.

Kang Marhaen melanjutkan, pada paripurna tersebut pihak legislatif memberi Pemkab Nganjuk sejumlah catatan. Catatan berisi beberapa poin masukan itu hendak Kang Marhaen tindaklanjuti dan dilaksanakan. Misalnya tentang cara meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Kedua upaya penanganan COVID-19. Ketiga penggunaan perubahan anggaran refocusing. Keempat perbaikan infrastruktur. Dan kelima, penataan Aparatur Sipil Negara (ASN). “Siap kita tindaklanjuti,” tutupnya.

Sebagai informasi, paripurna pengesahan LKPj tersebut telah melalui beberapa tahapan. Di awali dengan penyampaian laporan dari pihak eksekutif kepada legislatif pada 13 Mei 2021 lalu. Kemudian, mendapat jawaban berupa pandangan umum dari seluruh fraksi DPRD Kabupaten Nganjuk.

Atas pandangan umum tersebut, kemudian ditindaklanjuti dan dibahas dalam rapat di tingkat komisi. Selanjutnya dibahas oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Nganjuk bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Dari rapat bersama Banggar dan TAPD tersebut, akhirnya disepakati bahwa LKPj tersebut diterima oleh DPRD Kabupaten Nganjuk. (Hs/Ys)

 

Baca Juga :

0 Komentar