Kabupaten Nganjuk Jadi Koordinator Enam Daerah Selingkar Wilis Selatan

Enam Kabupaten menjadi bagian program selingkar Wilis Selatan Provinsi Jawa Timur. Masing-masing Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Kediri, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Ponorogo.

Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidhayat, S.Sos.,M.M., ketika dikonfirmasi Senin 23 September 2019 mengatakan, dalam program selingkar Wilis Selatan tersebut, Gubernur Jawa Timur telah menunjuk Kabupaten Nganjuk sebagai tempat sekretariat dan koordinator.

Mas Novi, sapaan akrab Bupati Nganjuk mengatakan penunjukan oleh Gubernur Jatim tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Kabupaten Nganjuk dalam menggali potensi yang ada di antara Kabupaten lain di Selingkar Wilis Selatan.

“Dalam program selingkar Wilis Selatan tersebut dimaksudkan untuk menggali potensi budaya dan ekonomi yang ada di kawasan daerah sekitar Gunung Wilis. Dimana potensi yang ada tersebut akan digarap dan diberdayakan untuk pengembangan masing-masing daerah Selingkar Wilis Selatan, “ Jelas Mas Novi.

Contohnya, seperti potensi budaya yang ada bisa dikembangkan menjadi kegiatan pariwisata untuk menarik kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Demikian pula dengan potensi ekonomi yang ada di masing-masing Kabupaten, menurut Mas Novi, bisa dikembangkan bersama-sama dan saling mendukung. Salah satunya dengan melakukan kerjasama pengembangan ekonomi lokal berbasis teknologi yang bisa saling bersinergi di pasar.

Hal itu dipastikan akan mampu memperkuat pengembangan potensi pasar yang ada secara bersama-sama antar Kabupaten anggota selingkar Wilis Selatan.

Dengan kata lain, program Selingkar Wilis Selatan sebagai upaya bersama dalam kerjasama pengembangan wilayah antar daerah bidang budaya dan ekonomi.(Hs-Ys/Diskominfo)

0 Komentar