juJelang Penilaian Lomba PUG Tingkat Provinsi, Pemkab Nganjuk Siapkan Berbagai Strategi. dul

Wabup Marhaen Pimpin Koordinasi dan Persiapan Jelang Penilaian

NGANJUK, PING-Dalam pembangunan suatu daerah, peran akrif perempuan sangat diperlukan. Hal tersebut juga termasuk kesetaraan gender atau pengarusutamaan gender (PUG). PUG juga menjadi strategi untuk mengintegrasikan perspektif gender dalam proses pembangunan, mulai perencanaan hingga pelaksanaan maupun evaluasinya. Termasuk memberi usulan yang dianggap strategis dalam rencana kerja (renja) maupun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Sebagai stimulus agar PUG semakin eksis, pemerintah berupaya menggaungkannya melalui gelaran lomba. Penilaian lomba tingkat provinsi tersebut rencananya berlangsung pada Kamis (18/03/2021) di Surabaya.

Pemkab Nganjuk sendiri bersiap mengikuti lomba penilaian tersebut. Sebagai persiapan penilaian, berlangsung rapat koordinasi pada Senin (15/03/2021). Rapat tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati (Wabup) Nganjuk, DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA.

Dalam sambutannya Kang Marhaen mengatakan tujuan koordinasi tersebut adalah untuk menyamakan persepsi tentang program responsif gender. Kemudian melengkapi kekurangan data dan dukungan program PUG maupun persiapan evaluasi lomba PUG itu sendiri. “Kita siapkan betul dan koreksi data-datanya termasuk materi,” ujarnya dalam acara yang berlangsung di Ruang Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk tersebut.

Kang Marhaen menyebut, Kabupaten Nganjuk telah menjadi filed projek atau percontohan dalam PUG akhir tahun 2020 lalu. Untuk itu, orang nomor dua di Kota Bayu ini meminta pada saat penilaian nanti PUG Kabupaten Nganjuk berhasil meraih predikat madya utama. Ia meminta OPD yang akan diajukan pertanyaan berkaitan dengan PUG memberi jawaban sesuai dengan program dan anggaran. “Agar dewan juri mengetahui PUG di Nganjuk berjalan efektif,” tukasnya.

Sebagai informasi, lomba PUG bersifat tim. Adapun pesertanya adalah Pemkab Nganjuk secara keseluruhan, dengan ketua adalah Bupati Novi Rahman Hidhayat. Adapun koordinator penyelenggaranya adalah Dinas Sosial PPPA Kabupaten Nganjuk. Turut hadir dalam rapat tersebut pimpinan OPD di lingkup Pemkab Nganjuk. Termasuk perwakilan lembaga lain. Seperti LSM, koordinator PUG maupun perbankan dan perguruan tinggi yang berkaitan.(Cus/El)

0 Komentar