Jaga Ekosistem, Anggota Komisi IV DPR RI Gelar Penguatan Pengawasan SDKP Berbasis Masyarakat

Pokmaswas sebagai Ujung Tombak dari Kelestarian Lingkungan Terutama Kelautan dan Perikanan

NGANJUK, PING - Anggota Komisi IV DPR RI Mindo Sianipar resmi membuka acara Sosialisasi Penguatan Peran Masyarakat dalam Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (SDKP) Melalui Sistem Pengawasan Berbasis Masyarakat, Rabu (10/8/2022) bertempat di Gedung Aspirasi Rakyat yang berada di Desa Gejagan Kecamatan Loceret Kabupaten Nganjuk Jawa Timur.

Nampak hadir dari Dirjen Kelautan dan Perikanan Cilacap, Ir. Nugroho Aji, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Nganjuk, Kepala Stasiun PSDKP Cilacap beserta rombongan, Muspika Kecamatan Loceret beserta undangan Prinsip Pembentukan Kelompok Masyarakat Pengawas  (Pokmaswas) Kabupaten Nganjuk.

Dalam sambutannya Ir. Nugroho Aji menyampaikan, “Bentuk penguatan pengawas dibidang perikanan agar berperan aktif membantu pemerintah didalam perikanan dan kelautan, juga untuk mengedukasi dan memadamkan penangkapan ikan dengan cara-cara yang kurang tepat karena bisa menjadikan tindak pidana, maka dari itu kita sosialisasikan agar tidak terjadi seperti itu,” ujarnya.

Baca Juga : Serius Tangani Stunting, Kang Marhaen Tinjau Pelaksanaan Posyandu di Ngrombot, Patianrowo

Masih kata Nugroho Aji, “Bahkan bahayanya alat seperti penangkapan dengan racun ataupun dengan listrik, karena bisa merusak ekosistem ikan maupun lingkungannya bahkan ikan bisa mengalami kepunahan sehingga di suatu saat nanti akan kehilangan ikan jenis itu sendiri. Juga peran serta Pokmaswas agar mengetahui jika ada yang masih menggunakan cara seperti itu bisa mengajak dan tidak menggunakan alat-alat penangkap ikan bahaya tadi sehingga kelestarian ikan dan lingkungan tetap terjaga dengan baik. 

"Semoga dengan acara ini semua faham dan jadi tanggung jawab kita bersama dalam rangka pengawasan sumber daya alam perikanan dengan tujuan pemanfaatan sumber daya alam yang sebaik-baiknya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Nganjuk Yudi Ernanto mengatakan, “Pokmaswas adalah sebagai relawan lingkungan sebagaimana untuk menjaga kelestarian lingkungan terutama perikanan dan kelautan bahkan ramah lingkungan ini adalah tugas kita semua dengan harapan pemanfaatan sumber daya alam yang ada ini bisa sewaktu-waktu digunakan jangan sampai ada efek kerusakan ekosistem penangkapan ikan yang salah,” ungkapnya.

Baca Juga : Kang Marhaen Resmikan Pusat Layanan Terpadu dan Launching SKA Kartini

Pada acara tersebut juga terdapat sesi tanya jawab antara anggota Pokmaswas dengan pihak Dirjen Kelautan dan Perikanan Cilacap, serta secara simbolis dilakukan penyerahan rompi oleh Dirjen Kelautan dan perikanan untuk anggota Pokmaswas, yang artinya mereka sudah sah jadi salah satu yang tergabung dalam kepedulian terhadap lingkungan termasuk ekosistem perikanan yang ada.

Sumber : beritaterbit

0 Komentar