Inspektorat Permudah Pengaduan Masyarakat dengan Dumas Online

Untuk Melaporkan Terkait Dugaan Penyimpangan yang Dilakukan Pejabat

NGANJUK, PING-Inspektorat Daerah Kabupaten Nganjuk memberi kemudahan masyarakat untuk melaporkan dugaan penyimpangan yang dilakukan oleh pejabat. Pengaduan tersebut dapat dilakukan secara daring. Aplikasinya adalah Pengaduan Masyarakat (Dumas) Online.

"Dumas Online disajikan secara daring melalui portal Inspektorat Daerah Kabupaten Nganjuk," kata Kepala Sub Bagian Perencanaan Inspektorat Daerah Kabupaten Nganjuk, Okky Hayu Pamuja.

Okky menjelaskan, Dumas Online bertujuan membantu masyarakat. Terutama agar dapat menyampaikan laporan atau pengaduan atas dugaan penyimpangan yang dilakukan para pejabat. Misalnya kepala daerah, wakil kepala daerah, anggota DPRD, para Apararur Sipil Negara (ASN), maupun para perangkat desa. 

Laporan tersebut selanjutnya diteruskan kepada Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), maupun Aparat Penegak Hukum (APH). Hal itu berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12/2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Untuk alur Dumas Online, Okky mengatakan, laporan yang dikirim masyarakat akan dilakukan beberapa tahapan sebelum menuju pemeriksaan. Antara lain, dilakukan registrasi terhadap laporan pengaduan yang masuk. Kemudian verifikasi atas unsur laporan.

“Kami juga akan melakukan pengumpulan dan verifikasi data awal. Serta apabila diperlukan kami akan berkoordinasi dengan APH sebelum dilakukan pemeriksaan,” jelas Okky saat dihubungi PING, Kamis (02/09/2021).

(Alur Pengaduan Masyarakat (Dumas) Online)

Sementara itu, Piya Fathoroni selaku Pranata Komputer Inspektorat Daerah Kabupaten Nganjuk menambahkan, hasil aduan masyarakat pada Dumas Online akan ditindak lanjut (TL) langsung oleh Inspektur Pembantu (Irban) untuk segera dilakukan pemeriksaan. Selanjutnya Irban akan melakukan pemeriksaan melalui tim pemeriksa. 

“Untuk itu, kami harap masyarakat bisa memanfaatkan kanal Dumas Online ini. Terutama pada saat pandemi, yang bisa memudahkan masyarakat dalam melakukan pengaduan tanpa harus datang ke kantor. Karena bisa dari mana saja, dan kapan saja. Dan pasti kita akan TL selama unsur laporan terpenuhi,” tutur Piya.

(ZK/NR)

Baca Juga :

0 Komentar