Ini Pesan Kang Marhaen saat Membuka Pembinaan Organisasi Perempuan

Mendorong Berdaya untuk Ciptakan Keluarga Sejahtera

NGANJUK, PING-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk menggelar pembinaan bagi organisasi perempuan Kabupaten Nganjuk, Rabu (22/09/2021). Mengusung tema “Perempuan Berdaya, Keluarga Sejahtera”, kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo Kabupaten Nganjuk.

Acara dibuka oleh Plt Bupati Nganjuk DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MM, MBA. Dalam sambutannya Kang Marhaen mengatakan tujuan pembinaan tersebut adalah mendorong partisipasi dan peran perempuan. Khususnya di bidang politik, pengambilan keputusan, dan peningkatan ekonomi.

Dengan harapan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Dan untuk meningkatkan indeks pemberdayaan perempuan di Kota Bayu.

Kang Marhaen menjelaskan, prinsip utama pembangunan manusia adalah memastikan manusia, baik laki-laki maupun perempuan memiliki banyak pilihan dalam kehidupannya. Kesetaraan gender menjadi indikator yang tidak dapat diabaikan.

Karena perempuan dan laki-laki merupakan inti dari pembangunan manusia. Kesamaan kesempatan dan peluang, kesetaraan dalam penghargaan dan penghormatan, serta keseimbangan dalam partisipasi dan representasi harus terefleksi pada seluruh aspek pembangunan. “Maka dalam pembangunan berbasis gender tidak hanya laki–laki atau perempuan. Tetapi semuanya,” jelasnya.

Kesetaraan gender, kata Kang Marhaen, adalah kesamaan kondisi. Yakni bagi laki-laki dan perempuan untuk kesempatan dan hak-hak sebagai manusia.

Serta agar mampu berperan dan berpartisipasi. Terutama dalam kegiatan politik, hukum, ekonomi, sosial budaya, pendidikan, pertahanan dan keamanan nasional. Serta kesamaan dalam menikmati hasil.

“Kelompok gender terbagi berdasarkan jenis kelamin, umur, dan khusus. Seperti difabel dan minoritas lainnya. Oleh sebab itu, setiap kelompok gender memiliki fungsi, peran dan tanggung jawab yang berbeda,” ujarnya.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut turut mengundang berbagai organisasi perempuan di Nganjuk. Seperti Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Dharma Wanita, Bhayangkari, Persit Kartika Chandra Kirana, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), maupun organisasi lainnya. Turut hadir Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Nganjuk, Nafhan Tohawi, SH, MH.

Sedangkan narasumber acara adalah Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Pemkab Nganjuk Samsul Huda, SH, MH yang menyampaikan materi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3/2020 tentang Pengarusutamaan Gender (PuG). Dan narasumber lainnya adalah Ketua HIPMI Kabupaten Nganjuk, Asep Sutia dengan materi merubah tantangan menjadi peluang usaha.(Cy/Cs)

0 Komentar