Ini Cara Pemdes Loceret Dukung Percepatan Vaksinasi COVID-19

Gencar Sosialisasi, Libatkan Kader dan Sediakan Ruang Tunggu

NGANJUK, PING-Pemerintah Desa/Kecamatan Loceret mendukung percepatan vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan di Kota Bayu. Ada beberapa upaya yang dilakukan pemerintah desa (pemdes) setempat guna vaksinasi COVID-19 di wilayahnya berjalan sukses. Salah satu caranya yaitu sosialisasi dan mengajak warga berpartisipasi.

Kepala Desa/Kecamatan Loceret Hj. Witri Januarista, S.Pt, M.Agr menjelaskan, pihaknya gencar melakukan sosialisasi secara masif kepada warga. Karena saat ini adalah era digital, sosialisasi dilakukan secara daring. Atau melalui grup di aplikasi percakapan pada gawai.


Relawan dan Masyarakat Desa Loceret Setiap seminggu sekali melakukan penyemprotan disinfektan di rumah warga

“Tidak lupa, kita manfaatkan media sosial. Baik pribadi atau milik pemdes. Kita unggah gambar, brosur dan sejenisnya yang berisi ajakan untuk ikut vaksinasi,” ujar Kepala Desa (Kades) wanita yang akrab dipanggil Rista tersebut kepada PING, Jumat (16/07/2021).

Selain ajakan, kata Kades Rista, pihaknya juga memberi fasilitas tempat antrean atau ruang tunggu pada saat pendataan, atau pengisian formulir vaksinasi. Kebetulan, lokasi vaksinasi berada di gedung serba guna. Dan bersebalahan dengan Puskesmas Loceret. “Lokasinya masih satu desa dengan kami. Bisa dibilang dukungan pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Loceret,” lanjutnya.


Perangkat Desa Loceret bersatu 
memasang panflet PPKM Darurat yang berisi imbauan dari Surat Keterangan (SK) Bupati

Para kader Desa/Kecamatan Loceret pun juga turut dilibatkan. Kades Rista menyebut, kader-kader tersebut didaulat untuk mengatur peserta vaksinasi. Hal itu bertujuan agar peserta vaksinasi tetap tertib saat memasuki gedung, dan tidak terjadi kerumunan. “Kami bantu sebisa mungkin. Yang penting upaya vaksinasi, terutama di Loceret bisa berjalan lancar dan sukses,” tandasnya.

Sebagai informasi, Pemdes Loceret turut berperan aktif melaksanakan pencegahan penyebaran COVID-19. Setiap seminggu sekali, pemdes setempat melakukan penyemprotan disinfektan di setiap rumah warga. Penyemprotan dilakukan oleh relawan dan masyarakat.

Pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat ini, Pemdes Loceret juga turut memasang panflet yang berisi imbauan dari Surat Keterangan (SK) Bupati. “Kami juga rutin berkeliling, menyampaikan informasi dari rumah. Agar warga juga mengikuti PPKM Darurat ini,” tutup Kades Rista sambil mengatakan pihaknya rutin mengingatkan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes).

 

Baca Juga :

0 Komentar