Giat Operasi Trantibum, Satpol PP Nganjuk Amankan Pengamen Anak

Hentikan Eksploitasi dan Mempekerjakan Anak Dibawah Umur

Nganjuk, PING – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) gencar melakukan operasi Ketentraman dan Ketertiban Umum Masyarakat (Trantibum). Hal ini dalam rangka mewujudkan pelayanan prima kepada masyarakat terkait gangguan Trantibum di Kota Bayu.

Sebagai upaya mewujudkannya, Satpol PP Kabupaten Nganjuk melakukan razia penertiban pengamen dan pengemis di Pertigaan Jetis, Kelurahan Warujayeng, Kecamatan Tanjunganom yang keberadaannya mengganggu ketentraman warga sekitar pada Kamis (30/6/2022).

Hal ini seperti yang disampaikan Sutikno, Kepala Seksi (Kasi) Ketertiban Umum Bidang Penegakan Perda Satpol PP Nganjuk pada PING, Jumat (1/7/2022).

Menurut penjelasan Sutikno, pengamen dan pengemis yang terjaring razia tersebut merupakan anak-anak usia dibawah umur.

“Pengamen dan pengemis anak, perempuan usia 14 tahun dan laki-laki usia 7 tahun. Serta ibunya usia 43 tahun,” jelasnya. 

Sutikno juga menuturkan bahwa operasi Trantibum tersebut berdasarkan laporan masyarakat terkait adanya indikasi eksploitasi dan mempekerjakan anak dibawah umur oleh orangtuanya di wilayah Tanjunganom.

“Saat terjaring razia, mereka sedang meminta-minta. Dan mirisnya, anak tersebut dipekerjakan oleh orangtua kandungnya,” tambahnya sembari menyebut pengamen dan pengemis anak tersebut dipekerjakan secara tidak manusiawi.

“Ibunya hanya duduk dan mengawasi. Sedangkan anak kandungnya disuruh mengemis,” imbuhnya.

Dengan adanya penertiban yang dilakukan pihaknya, Sutikno mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Nganjuk untuk tidak segan-segan melaporkan kejadian darurat terkait Trantibum pada Command Center Kabupaten Nganjuk melalui nomor telepon atau WhatsApp 081131181001 atau melalui website https://wadulbupati.nganjukkab.go.id/

Sebagai informasi, orangtua dan anak yang terjaring penertiban aparat penegak Perda tersebut kemudian dibawa ke kantor Satpol PP Nganjuk di Jl. Kartini, Kelurahan Ganungkidul untuk didata dan dilakukan pembinaan lebih lanjut.

(ALPH/ZK)

 

BACA JUGA:

Upacara Peringatan HUT ke-72 Satpol PP, ke-60 Satlinmas dan ke-103 Damkar dan Penyelamatan

Dianggap Meresahkan, Satpol PP Amankan Manusia Silver

0 Komentar