Entaskan Pengangguran, Disnakerkop UM Nganjuk Buka Program Magang

Pendaftaran Program Magang dibuka tanggal 13 Januari - 1 Februari 2021

Setahun terakhir, pandemi COVID-19 merontokkan perekonomian dunia dan Indonesia. Banyak pabrik gulung tikar dan merumahkan pekerja. Angka pengangguran meningkat. Tak terkecuali di Kabupaten Nganjuk.

Sebagai dukungan untuk memberikan kesempatan bagi para pencari kerja, Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakerkop UM) Kabupaten Nganjuk membuka pendaftaran Program Kerja Magang Dalam Negeri Tahun 2021.

Program pemagangan bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM) yang cakap dan unggul dalam bekerja sehingga nantinya bisa diterima dalam pasar kerja. Ini selaras dengan Tri Cita Bhakti Bupati dan Wakil Bupati Nganjuk, Mas Novi dan Kang Marhaen, yakni pembangunan sumber daya manusia unggul dan berkualitas.

Disnakerkop UM membuka gelombang pertama program magang tanggal 13 Januari sampai dengan 1 Februari 2021. Demikian disampaikan Kepala Disnakerkop UM melalui Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Marsini, kepada PING, Jum’at (15/01/2021)

“Pemagangan ini merupakan Program Pemerintah dalam mengenalkan kepada pencari kerja dengan dunia kerja, serta dalam rangka meningkatkan kesadaran kerja, sehingga kedepan mereka para pencari kerja akan jadi lebih tau dan mudah dalam bekerja, serta meningkatkan produktivitas kerja”, terang Marsini.

Beberapa persyaratan bagi calon peserta magang kerja sebagai berikut :

  1. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 40 tahun
  2. Pendidikan minimal SMA sederajat
  3. Tidak sedang kuliah atau bekerja
  4. Foto Copy KTP d an Ijazah
  5. Pas Foto warna ukuran 4X6 (2 lembar)
  6. Surat lamaran

Masyarakat peminat program dapat mengirimkan persyaratan tersebut ke Disnakerkop UM.

Lebih jauh, Marsini menjelaskan bahwa program magang ini sebelumnya telah membuahkan hasil peserta magang telah direkrut menjadi pegawai ditempat magang.

“Tahun kemarin kita titipkan anak tiga orang untuk magang di Kantor Pos, kemudian yang dua alhamdulillah langsung direkrut oleh Kantor Pos menjadi pegawai disana, bahkan oleh Kantor Pos diberikan fasilitas pendidikan kuliah,” ujarnya.

Marsini juga menambahkan nantinya para peserta magang akan mendapatkan pembekalan tentang ketenagakerjaan, sebelum penempatan magang dilakukan.

“Penempatan magang nantinya di peruhaan-perusahan Wilayah Kabupaten Nganjuk, saya berharap nantinya peserta memeiliki kompeten dan keterampilan pasca penempatan magang, sehingga memudahkan mereka dalam bekerja atau mencari kerja”, pungkasnya. (Zak/And/Yos)


Catatan redaksi:

Masyarakat dapat memperoleh informasi program magang pada:
Marsini, Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, HP. 0813-1689-8495

Alamat kantor: Jl. Dermojoyo No.45 Nganjuk
Facebook : Disnakerkopum Nganjuk
Instagram : @disnakerkopum_ Nganjuk

1 Komentar

Santoso

Untuk usia 42 apakah masih bisa ikut mendaftar ya