DPRKPP Akan Jadikan Pedestrian sebagai Resonansi Pembangunan

Dipersiapkan sebagai Embrio Perekonomian Kota Bayu

NGANJUK, PING – Dalam rangka persiapan pembangunan pedestrian sisi timur jalan A. Yani Kota Nganjuk, Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Kabupaten Nganjuk gencar mengadakan sosialisasi salah satunya menjadi narasumber pada acara talkshow 105,5 RSAL FM, Rabu (30/6/2021). Hadir pada acara yang dipandu host Asti Hanifa itu, Kepala DPRKPP Kabupaten Nganjuk, Agus Frihannedy, S.Pd, M.Si beserta Sekretaris DPRKPP Kabupaten Nganjuk, Supardi.

Kepada para pendengar Agus Frihannedy menyebut pihaknya akan meneruskan pembangunan pedestrian. Tahun 2021 ini giliran di sisi timur jalan A. Yani Kota Nganjuk. “Pada tahun anggaran 2021 ini, kami akan meneruskan pembangunan pedestrian di sisi timur sepanjang dari alun-alun hingga jembatan Ploso. Tentunya setelah proses lelang selesai,” tutur Agus Frihannedy sembari menyebutkan pembangunan dimulai bulan Agustus.

Agus menambahkan, pembangunan pedestrian tahap dua tersebut akan dimulai dengan pembenahan saluran air pada kedua sisi. Yakni timur dan barat. Karena saat ini, pada sisi timur maupun barat telah banyak yang kondisinya rusak. Diakibatkan akar-akar pohon yang ada di sekitar saluran air tersebut.

“Nanti akan dilakukan peremajaan terhadap pohon-pohon tersebut. Akan kami ganti dengan pohon-pohon baru yang lebih artistik dan ramah lingkungan,” jelasnya sembari menyebut akan terdapat segmen-segmen menarik di sepanjang pedestrian guna menarik perhatian masyarakat pengguna pedestrian nantinya.

“Pembangunan pedestrian ini merupakan embrio dari kawasan ekonomi Kabupaten Nganjuk. Tentunya dengan adanya pedestrian ini nanti akan berimbas dan beresonansi terhadap pembangunan-pembangunan yang ada di sekitarnya,” tambah mantan Kepala Disnakerkop UM Nganjuk ini.

Terkait penataan pedagang kaki lima maupun UMKM yang selama ini berdagang di sepanjang Jalan A. Yani Nganjuk, Sekretaris DPRKPP Kabupaten Nganjuk, Supardi menyampaikan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Nganjuk. Supardi menyebut, pedagang kaki lima maupun UMKM tersebut akan dipindah di Pasar Wage Baru.

“Disana akan disediakan tenda-tenda untuk mereka. Tentunya ini nanti dapat dijadikan sebagai pusat kuliner di Nganjuk Kota. Selain itu, kami mohon dukungan dari masyarakat yang berada di sepanjang jalan A. Yani pada saat pelaksanaan pembangunan pedestrian nanti. Diharapkan kesadarannya untuk memaklumi apabila merasa terganggu dengan adanya debu, suara bising dan keberadaan alat berat. Kami mohon dukungan, kesadaran dan peran aktif masyarakat,” tambahnya.       

(AL/NR)

 

Baca juga:

0 Komentar