DPRD Nganjuk Apresiasi Inovasi Layanan Online Dukcapil Nganjuk

NGANJUK, PING-Terobosan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Nganjuk dalam membuat layanan administrasi kependudukan (adminduk) bernama Sistem Elektronik Terpadu Desa Online (SEDUDO) nampaknya berjalan sukses. Masyarakat terlihat antusias mengurus berkas adminduk melalui SEDUDO.

Hal itu diungkapkan Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki, AP. Menurutnya, setiap hari jumlah pemohon layanan secara online selalu mengalami peningkatan. Awalnya berada pada kisaran sepuluh pemohon per harinya. Baik pengurusan E-KTP, kartu keluarga, akta kelahiran, akta kematian dan berkas lainnya.

“Dalam sepekan terakhir grafiknya meningkat. Ini menunjukkan warga semakin mengetahui kalua permohonan layanan adminduk bisa secara online. Selain lebih efektif juga dirasa tidak merepotkan. Karena bisa dilakukan dari rumah,” kata pria yang akrab disapa Slambas tersebut.

Sementara itu, Suprapto selaku Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Nganjuk megnatakan, terobosan yang dilakukan Dispendukcapil tersebut dinilai sudah cukup memenuhi harapan masyarakat Kota Bayu. Dewan turut mengapresiasi atas kecepatan layanan SEDUDO itu.

“Pasalnya, selain lebih efisien waktu dan tenaga juga lebih memberikan kemudahan kepada warga yang tidak harus datang ke kantor layanan Dispendukcapil,” terang Suprapto sambil mengatakan SEDUDO dapat mengurangi kerumunan warga karena mengurus adminduk secara daring.

Suprapto kemudian menyarankan pengembangan layanan adminduk secara daring bisa dilakukan di tingkat desa. Sebab, saat saat ini layanan adminduk daring telah bisa dilakukan di tingkat kecamatan.

“Ke depan harus bisa dilayani di kantor desa. Dengan demikian masyarakat bila membutuhkan layanan adminduk semakin mudah dan efektif. Dengan demikian layanan adminduk bisa diberikan total kepada masyarakat. Warga tidak perlu kemana-mana lagi. Cukup menanti hasil permohonan adminduk di rumah,” tambanhya.

“Tentu apabila Dispendukcapil bisa melaksanakan layanan total tersebut, kami kira cukup baik. Apalagi alokasi anggaran untuk itu semua (adminduk online) disediakan dalam APBD,” tandasnya. (Hs/Ys)

 

Sumber : Tribunnews

Rekomendasi

judul.

0 Komentar