Disporabudpar Siapkan Penerapan E-Ticketing Objek Wisata

Wujudkan Arahan Smart City Kang Marhaen. TRAL dan Sri Tanjung jadi Sasaran Pertama

NGANJUK, PING - Dalam mewujudkan sistem digitalisasi menuju Nganjuk Kota Cerdas, Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Nganjuk sedang menggagas penerapan e-ticketing di seluruh destinasi wisata Kota Bayu. Hal tersebut disampaikan oleh Amin Fuadi selaku Kepala Bidang Peningkatan Daya Tarik Destinasi Pariwisata saat ditemui PING pada Rabu, (29/6/2022).

Dikatakan Amin bahwa gagasan tersebut telah disampaikan melalui "Sosialisasi Penerapan e-ticketing di Objek Wisata Kabupaten Nganjuk". Dengan menghadirkan koordinator dan operator yang berjaga di bagian loket objek wisata seluruh Kabupaten Nganjuk, Amin menjelaskan bahwa dalam penerapannya e-ticketing akan memanfaatkan aplikasi pembelian tiket online, seperti tiket.com, ovo, dan sebagainya.

Para petugas loket diminta untuk mengunduh aplikasi tersebut untuk praktik serta koordinasi dengan Bank Jatim sebagai mitra untuk finalisasi.
"Kemarin kami sudah mengumpulkan teman-teman objek wisata, yaitu koordinator dan operator yang berjaga di bagian loket untuk mengunduh aplikasi kemudian praktik dan koordinasi dengan Bank Jatim untuk finalisasi".

Baca juga: Kang Marhaen MoU Smart City Dengan Kementerian Kominfo

Langkah pertama e-ticketing ini akan diterapkan di dua objek wisata, yaitu di Taman Rekreasi Anjuk Ladang (TRAL) dan kolam renang Sri Tanjung. Dengan pertimbangan di dua objek wisata tersebut telah terjangkau oleh jaringan internet. 

"Kita akan terapkan di dua lokasi dulu, yaitu TRAL dan Sri Tanjung karena disana tidak terkendala sinyal. Dan untuk objek lain kita masih koordinasi dengan pihak terkait untuk pemasangan jaringan internet dan sebagainya", jelas Amin.

Meski telah membeli tiket secara online, dikatakan Amin pihak objek wisata akan tetap memberikan tiket asli masuk objek wisata itu. Sebagai bukti telah membeli tiket secara online. Ia berharap nantinya gagasan e-ticketing lambat laun akan dapat dipahami oleh masyarakat Nganjuk agar dapat segera diterapkan di seluruh objek wisata di Kota Bayu ini.

Baca juga: Diskominfo Nganjuk Adakan Bimtek Penyusunan Master Plan Smart City dan Quick Win Program Unggulan

"E-ticketing ini juga didampingi dengan penjualan tiket secara langsung. Seiring berjalannya waktu jika masyarakat sudah mengerti tentang e-ticketing nanti kita terapkan ke semua objek wisata", terangnya.

Pgs. Pemimpin Cabang Bank Jatim Nganjuk, Arma Widyandra Liandi, mengatakan bahwa pihaknya akan support penuh langkah Disporabudpar dalam percepatan digitalisasi daerah. Melalui aplikasi Mobille Bank Jatim para wisatawan bisa membeli tiket. "Cukup gunakan JConnect dan scan barcode pada QRIS, tiket bisa didapatkan oleh para wisatawan," pungkas Arma.

(Zak/Yos)

 

Baca Juga :

0 Komentar