Disperindag Bertekad Bangkitkan Ekonomi Pasca PPKM

UMKM Jadi Sektor Pembangkit Perekonomian Nganjuk

Perekonomian diprediksi akan membaik setelah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Nganjuk dicabut. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Nganjuk, Drs. RR, Heni Rochtanti, MM, kepada PING, Kamis (04/02/2021).

Menurutnya, PPKM di Kabupaten Nganjuk sedikit banyak berpengaruh pada perekonomian masyarakat. Namun, pihaknya bertekad membangkitkan ekonomi usai PPKM berakhir.

Sektor yang menjadi pembangkit ekonomi adalah UMKM. Heni menjelaskan bahwa UMKM adalah sektor rill. Sehingga, mau tidak mau aktivitas ekonomi harus tetap berjalan. Meskipun dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Aktivitas berjualan terus berjalan, karena itu upaya mereka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan tetap bergulirnya aktivitas UMKM, maka perekonomian akan ikut pula terdongkrak,” tuturnya.

Mengingat masih tingginya penyebaran Covid-19 di Kabupaten Nganjuk, Heni berpesan kepada masyarakat agar tidak terlalu banyak beraktivitas di luar rumah. Terutama, bagi para anak muda yang suka menghabiskan waktu dengan nongkrong di cafe. “Jika nongkrong di cafe ya seperlunya aja, tidak sampai berjam-jam,” pesannya.

Ia juga mengajak masyarakat berinovasi dan berkreasi. Dengan kedua langkah tersebut, tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan peluang usaha baru. Jika dijalankan, akan menghasilkan UMKM baru lagi. “Jika kita kreatif bisa menghasilkan peluang usaha bagi kita sendiri,” tutup Heni. (Hs/Ys)

0 Komentar