Dispendik Mendorong Siswa Dapat Berpikir Kritis

Melalui Olahraga Catur dalam Ranga KOSN dengan Menggandeng Percasi

NGANJUK, PING-Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Nganjuk menyelenggarakan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) cabang olahraga (cabor) catur untuk Jenjang SMP, Senin (22/11/2021). Kompetisi tersebut hasil kerja sama antara Dispendik Kabupaten Nganjuk dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Nganjuk.

Kompetisi ini diikuti oleh seluruh SMP negeri maupun swasta dari seluruh Kabupaten Nganjuk. Adapun pesertanya mencapai ratusan orang. Terdiri dari putra sebanyak 104 peserta, dan putri 47 peserta. 

Kegiatan dipusatkan di SMPN 1 Nganjuk. Acara dibuka oleh Dr. H. Sopingi, AP, MM selaku Kepala Dispendik Kabupaten Nganjuk. Dalam sambutannya, Sopingi menyampaikan bahwa catur merupakan suatu kegiatan yang baik. Karena dapat membantu melatih otak untuk berpikir kritis.

"Dalam caturkan kita harus berfikir beberapa langkah ke depan, tidak hanya satu langkah saja. Selain itu langkah yang dipilih haruslah tepat," tutur Sopingi membuka kompetisi. 

Sopingi turut menghimbau kepada peserta, selain ajang untuk berkompetisi, kegiatan tersebut juga dapat digunakan sebagai kesempatan ini untuk kebersamaan. Sesuai dengan motto dari catur sendiri, yaitu "Gens Una Sumus". Yang berarti "Kita Satu Keluarga". 

"Jadi ada kebersamaan. Saat bertanding kita atur strategi dan taktik untuk menang. Namun ketika kita keluar dari pertandingan kita adalah saudara," tambahnya sambil mengajak peserta untuk berlomba dengan sportif.

"Dan semoga usai pascakompetisi ini, kegiatan catur di sekolah-sekolah dapat lebih berkembang dan semarak. Ini adalah awal untuk meningkatkan olahraga catur," tutupnya. (Bay/Cy) 

0 Komentar