Disnakerkop UM Sidak Pelaksanaan Prokes di Perusahaan

Memastikan Ikuti SK Bupati dalam Rangka PPKM Darurat

NGANJUK, PING-Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakerkop UM) Kabupaten Nganjuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) penerapan protokol kesehatan (prokes) terhadap perusahaan, perkantoran hingga pabrik dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, Selasa (06/07/2021).

Ada dua perusahaan yang disidak Disnakerkop UM. Pertama, PT Eagle Sporting Goods yang berada di Kecamatan Bagor. Kedua, PT Mitra Saruta yang berlokasi di Kecamatan Rejoso. Di kedua perusahaan tersebut, tim Disnakerkop UM memastikan penerapan kebijakan bekerja dari rumah, bekerja dari kantor dan prokes.

Suwanto, SH, MH selaku Kabid Hubungan Industrial dan Perlindungan Tenaga Kerja Disnakerkop UM Kabupaten Nganjuk mengungkapkan penerapan disiplin aturan PPKM Darurat di perusahaan atau industri harus dilaksanakan secara serius. Untuk itu, pihaknya turun langsung dan akan terus memantau kondisi di lapangan. “Dalam sidak perusahaan ini, akan berlangsung rutin setiap harinya. Selain untuk sosialisasi pemberlakuan PPKM Darurat, juga untuk memastikan kepatuhan perusahaan. Agar PPKM Darurat ini berhasil sesuai harapan,” ungkap Suwanto.

Selanjutnya Suwanto menjelaskan, dalam aturan PPKM Darurat, pada perusahaan atau kantor dengan sektor kritikal, wajib bekerja dari rumah 100 persen bagi karyawannya. Untuk sektor esensial, 50 persen karyawannya bekerja dari rumah. Selain kedua sektor tersebut, harus bekerja dari rumah 100 persen. Apabila melanggar, akan ada sanki yang diberikan dari satgas COVID-19 kepada perusahaan.

Terkait sidak di dua perusahaan tersebut, Suwanto mengatakan penerapan prokes sudah baik. Ditinjau dari berbagai kelengkapan. Seperti pemeriksa suhu tubuh, penyemprotan disinfektan untuk ruangan, maupun masker dan aktivitas berjemur bagi karyawan. 

“Mengenai bekerja dari rumah atau dari kantor, perusahaan kami imbau membagi jam kerja. Sehingga tidak terjadi penumpukan pegawai pada jam masuk atau pulang. Sesuai aturan yang berlaku di dalam peraturan PPKM Darurat,” lanjutnya sambil berharap perusahaan benar-benar berkomitmen menjalankan prokes, agar aktivitas tetap berjalan lancar. (Zak/Yos)

0 Komentar