Disnakerkop UM Buka Pendaftaran BPUM Tahap Dua

Berlangsung Sebulan, Akan Ditutup pada 24 Juni 2021

NGANJUK, PING-Pemerintah kembali membuka pendaftaran program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk tahap kedua di tahun 2021 ini. Di Kota Bayu, program tersebut difasilitasi oleh Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakerkop UM) Kabupaten Nganjuk.

Kepala Disnakerkop UM Kabupaten Nganjuk Drs. Supiyanto, MM mengatakan, pembukaan pendaftaran tahap kedua sudah berlangsung sejak akhir Mei 2021. Dan sudah banyak yang mengajukan diri untuk mendapat bantuan uang tunai Rp 1,2 juta tersebut. “Kita buka pendaftaran tahap kedua ini sampai dengan tanggal 24 Juni 2021. Di tahap pertama di bulan April 2021 lalu, tercatat 700 lebih pendaftar yang mengajukan ke Disnakerkop UM,” terangnya kepada PING, Rabu (02/06/2021).

Supiyanto menerangkan, pihaknya hanya memfasilitasi. Artinya, hanya menerima dan mengusulkan. Sedangkan yang menyatakan lolos atau tidaknya mendapatkan bantuan tersebut adalah Kementerian Koperasi dan UKM, atas dasar validasi dan verifikasi yang diajukan Disnakerkop UM Kabupaten Nganjuk.

“Jadi, kami hanya mendata dan memasukkan data. Adapun verifikasi dilakukan oleh pihak kementerian, dan jika dianggap laik, maka bantuan tersebut akan langsung disalurkan dengan cara transfer kepada masing-masing penerima melalui bank penyalur, yaitu BRI sebagai mitra pemerintah,” tandasnya.

Sebagai informasi, syarat pengajuan BPUM tahap kedua ini masih sama dengan tahap pertama. Yakni fotocopy KK, KTP. Kemudian surat keterangan usaha dari desa atau kelurahan. Selanjutnya, tidak memiliki pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR). Serta surat keterangan belum pernah menerima bantuan, baik Bantuan Langsung Tunai (BLT),  Program Keluarga Harapan (PKH) maupun bantuan pemerintah lainnya. Syarat lain adalah melampirkan foto yang menunjukkan kebenaran usahanya. (Zk)

Baca Juga :

0 Komentar