judul

Adakan Sosialisasi Guna Pelaksanaan Penilaian Kesehatan Koperasi

NGANJUK, PING-Guna memacu dan memicu pengelolaan koperasi yang sehat, Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disnakerkop UM) Kabupaten Nganjuk menyelenggarakan sosialisasi pelaksanaan penilaian kesehatan koperasi, Kamis (08/04/2021). Kegiatan itu diikuti sedikitnya 60 peserta. Mereka adalah pengurus koperasi simpan pinjam (KSP) maupun usaha simpan pinjam (USP) di Kabupaten Nganjuk.

Kepala Disnakerkop UM Kabupaten Nganjuk Drs. Supiyanto, MM menjelaskan bahwa saat ini perlu ada upaya guna pengelolaan koperasi konvensional maupun syariah dapat dilakukan secara profesional sesuai ketentuan. Yaitu, kewajaran aspek permodalan, kualitas aktiva produktif, manajemen, efisiensi, likuiditas, kemandirian hingga pertumbuhan maupun jatidiri koperasi.

Untuk itu, Disnakerkop UM sengaja mengadakan kegiatan itu guna mengatasi berbagai masalah yang timbul akibat kondisi koperasi yang tidak sehat. Sehingga tidak terjadi gejolak pada lembaga koperasi, dan dapat menjadi perhatian bersama-sama. “Diharapkan bisa menambah pengetahuan dan wawasan pengurus untuk lebih baik dalam meningkatkan kemajuan koperasi, dalam rangka membangun dan mengelola aset koperasi,” tuturnya pada acara di ruang Anjuk Ladang Pemkab Nganjuk itu.

“Di era saat ini, dituntut kualitas pengelolaan koperasi. Melalui sosialisasi ini, pengetahuan dan wawasan yang diperoleh dapat membentuk akuntabilitas pengurus dalam mensejahterakan anggota. Dengan pengembangan kelembagaan melalui peningkatan profesionalitas pelayanan, melalui pendidikan atau pelatihan. Dan menjaga tingkat kesehatan simpan pinjam,” lanjutnya.

Pengurus KPRI mengikuti Sosialisasi Pelaksanaan Penilaian Kesehatan Koperasi 

Supiyantoo menyebut, sebagai instansi penanggungjawab koperasi, pihaknya akan terus memberi pembinaan, guna mewujudkan koperasi yang sehat. Untuk itu, sebagai pembina, Disnakerkop UM akan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak guna mewujudkan cita-cita tersebut. “Agar koperasi di Nganjuk sehat,” tutupnya.  

Perlu diketahui, turut hadir dan mengikuti acara tersebut Sekretaris Disnakerkop UM Kabupaten Nganjuk Dra. Sri Laksmita Hardini. Turut mendampingi, Kabid Koperasi Disnakerkop UM Kabupaten Nganjuk, Retno Prabandari, S.Pd, M.Si. (hs,ys)

0 Komentar