Dinkes Mendorong Puskesmas Melayani Sesuai Standar

Beri Pemahaman Tentang Akreditasi Melalui Workshop

NGANJUK, PING-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nganjuk mendorong puskesmas di Kota Bayu melayani sesuai standar. Standar sendiri tergolong di dalam akreditasi puskesmas.

Untuk itu, Dinkes Kabupaten Nganjuk menyelenggarakan workshop tentang pemahaman standar akreditasi puskesmas. Kegiatan tersebut berlangsung secara daring selama dua hari. Yaitu Selasa (16/11/2021) dan Rabu (17/11/2021).

Kegiatan dibuka oleh Plt Kepala Dinkes Kabupaten Nganjuk Dra. RR. Heni Rochtanti, MM melalui Kabid Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinkes Kabupaten Nganjuk, drg. Maria Emanuela. Turut mendampingi Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Olahraga (Kesling Kesjaor) Dinkes Kabupaten Nganjuk I Ketut Wijayadi.

Dalam sambutannya Maria Emanuela menjelaskan kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut atas adanya beberapa pergantian. Mulai Pj UKM, Pj UKL, PJ Mutu maupun kepala tata usaha di beberapa puskesmas di Kota Bayu.

Untuk itu, menurut Emanuela, puskesmas bisa lebih termotivasi dan bersemangat mempersiapkan pelaksanaan re-akreditasi. Termasuk berupaya meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan kesehatan.

“Juga keselamatan pasien,” ujarnya sambil berharap melalui kegiatan tersebut dapat menambah pengetahuan peserta workshop.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut difokuskan dari Command Center Pemkab Nganjuk. Dalam kesempatan itu, Dinkes Kabupaten Nganjuk mengundang narasumber dari Kementerian Kesehatan.

Sedangkan akreditasi puskesmas sendiri merupakan upaya peningkatan akses pelayanan kesehatan yang bermutu dengan mengutamakan keselamatan pasien dan masyarakat. Tujuan utamanya adalah untuk pembinaan peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap beberapa aspek. Antara lain sistem manajemen, sistem manajemen mutu, sistem penyelenggaraan pelayanan, serta program dan penerapan manajemen risiko. 

Akreditasi juga bukan hanya sekadar penilaian untuk mendapatkan sertifikat akreditasi. Lebih dari itu, akreditasi adalah upaya dan pembuktian kepada masyarakat bahwa pemerintah hadir dan melayani di bidang kesehatan dengan standar dan mutu yang dapat dipertanggungjawabkan.

0 Komentar