Dinas PMD Tingkatkan Kapasitas SDM BPD

Maksimalkan Fungsi Pengawasan, Regulasi dan Menampung Aspirasi

NGANJUK, PING-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Nganjuk mengadakan kegiatan pembinaan peningkatan kapasitas anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) selama dua hari. Yaitu pada Rabu (08/09/2021), dan Kamis (09/09/2021).

Kepala Bidang Pemerintah Desa dan Kelurahan Dinas PMD Kabupaten Nganjuk Teguh Ovi Adriyanto, SIP mengatakan tujuan kegiatan tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas SDM aparat pemerintahan desa. Termasuk di dalamnya adalah anggota BPD.

Dalam sambutannya Ovi menjelaskan, pelaksanaan kegiatan pembinaan peningkatan tersebut wajib dilaksanakan. Karena sebagai wujud pembinaan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk kepada BPD. “Pelaksanaannya melalui Dinas PMD Kabupaten Nganjuk,” jelas Ovi pada kegiatan yang berlangsung di Aula Desa Praja tersebut.

Ovi menerangkan, berkenaan dengan tugas pokok dan fungsi BPD, pihaknya menekankan beberapa hal. Misalnya kedudukan atau kelembagaan. Serta pelaksanaan fungsi.

Untuk pelaksanaan fungsi, ada tiga kewajiban bagi BPD. Yaitu fungsi pengawasan, fungsi regulasi, maupun penampung aspirasi.

“Secara lebih rinci, tujuan kegiatan ini yaitu untuk mengembangkan kapasitas BPD dalam hal kepemimpinan demokratis, perencanaan pembangunan, tata kelola kepentingan masyarakat dan potensi konflik. Serta pengelolaan potensi desa dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan desa yang demokratis,” tambah Ovi.

Sebagai informasi, kegiatan tersebut sengaja digelar dua hari. Sebab, masih dalam masa pandemi COVID-19. Adapun pesertanya adalah Kasi Tata Pemerintahan Kecamaan, dan didampingi dua orang BPD dari desa yang ditunjuk. (Cy/Cs) 

 

0 Komentar