Dinas PMD Kolaborasi dengan Diskominfo Kenalkan Simanis-Desa

Sistem dari Pemrpov Jatim untuk Penyelenggaraan Pemdes Bersih dan Efisien

NGANJUK, PING-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Jawa Timur mengenalkan aplikasi bernama Sistem Administrasi Pemerintahan Desa (Simanis-Desa) , Rabu (10/11/2021). Sistem tersebut merupakan aplikasi berbasis web, yang diperuntukan untuk melakukan pencatatan data dan informasi mengenai pemerintahan desa (pemdes) pada buku register pemerintahan desa.

Adanya sistem tersebut juga mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 47/2016 tentang Administrasi Pemerintahan Desa. Untuk pelaksanaannya, Dinas PMD Provinsi Jawa Timur mendorong Dinas PMD dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) masing-masing kabupaten atau kota berkolaborasi.

Di Kota Bayu sendiri sosialisasi tersebut dilaksanakan di Command Center Pemkab Nganjuk. Sosialisasi diikuti Plt Kepala Dinas PMD Kabupaten Nganjuk, Tri Wahju Koentjoro, S.Sos, dan Kepala Diskominfo Kabupaten Nganjuk, Slamet Basuki, AP.

Dalam sosialisasi, Tri Wahju berharap, Simanis-Desa dapat berkolaborasi dengan aplikasi Sistem Elektronik Terpadu Daerah Online (SEDUDO). 

"Dua sistem ini harus bisa menjadi basis data elektronik administrasi penyelenggaraan pemerintahan di desa. Dan mampu mewujudkan pemerintahan desa yang bersih dan efektif serta melangkah menuju digitalisasi data desa," harap mantan Camat Nganjuk tersebut. 

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Nganjuk Slamet Basuki, AP menambahkan, dalam menangani Simanis-Desa, pemerintah harus membentuk tim di desa. Dimana di dalamnya melingkupi sekretaris desa dan perangkat desa. Sehingga memudahkan perangkat desa dalam menjalankan tanggung jawabnya. 

"Selain itu, pemdes harus mempunyai target untuk tertib dalam administrasi desa. Kita harus optimis ditingkat awal antara SEDUDO dan Simanis-Desa," lanjut pria dengan sapaan akrab Slambas tersebut.

0 Komentar