Dinas PMD Berikan Sosialisasi Perbup Pilkades dan Pengisian Perangkat Daerah

Sebagai Tindaklanjut Perbup No. 21 Tahun 2022 Tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa dan Perbup No. 22 Tahun 2022 Tentang Pemilihan Kepala Desa, Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu dan Pemberhentian Kepala Desa

NGANJUK, PING - Sekretaris Daerah Nganjuk yang diwakili oleh Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Nganjuk membuka acara Sosialisasi Perbup no. 21 tahun 2022 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa dan Perbup no. 22 tahun 2022 tentang Pemilihan Kepala Desa, Pemilihan Kepala Desa antar waktu dan Pemberhentian Kepala Desa. 

Sosialisasi yang dilaksanakan pada Kamis (15/09/2022) bertempat di Ruang Rapat Anjuk Ladang Kabupaten Nganjuk ini dihadiri oleh Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Nganjuk, Kepala Dinas PMD Kabupaten Nganjuk, dan peserta yang meliputi Perangkat Desa se Kabupaten Nganjuk. 

Baca Juga : Dinas PMD Gelar Rakor Jelang Pilkades PAW Kabupaten Nganjuk

Dalam sambutannya Plt. Asisten Pemerintahan dan Kesra, Samsul Huda menyampaikan bahwa dengan dikeluarkannya dua peraturan ini berharap para Camat dapat menindaklanjuti peraturan tersebut. 

"Setiap peraturan selalu ada tindaklanjut karena di dalam hukum selalu ada konsekuensinya," tutur Samsul. 

Dijelaskan Samsul, dalam pengangkatan dan pemilihan Kepala Desa harus diperlukan pemahaman dan presepsi yang sama.

"Baik dari Undang-undang, Peraturan Daerah, Peraturan Bupati, dan Peraturan Kementrian dalam negeri," tambahnya.  

Diketahui bahwa pengisian kekosongan jabatan Perangkat Desa dapat dilakukan melalui mekanisme mutasi jabatan atau penjaringan dan penyaringan calon Perangkat Desa. 

Sementara Pemilihan Kepala Desa antar waktu dapat dilakukan melalui musyawarah dengan masyarakat yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. 

Baca Juga : DPMD Nganjuk Berdayakan Masyarakat Desa dan Berkomitmen Perencanaan Desa 2023 On The Track

"Sehingga dengan demikian kita harus memulihkan kepercayaan kepada masyarakat agar pemilihan dapat berlangsung dengan aman dan nyaman," tutup Samsul. (Cy/Bay)

0 Komentar