Dinas Kominfo Terima Kunjungan DPRD Kabupaten Semarang

Mencari Informasi Terkait LPPL, Menara Komunikasi, dan TTE

NGANJUK, PING-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Nganjuk menerima kunjungan kerja Komisi C DPRD Kabupaten Semarang, Kamis (15/10/2021). Rombongan diterima di Ruang Rapat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Nganjuk. 

Kunjungan tersebut dalam rangka untuk mendapatkan referensi dan kelengkapan informasi tentang pengelolaan beberapa program di Kota Bayu. Misalnya terkait Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk. Kemudian, menara telekomunikasi, dan tanda tangan elektronik (TTE).

Kunjungan diterima oleh Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspemkesra) Pemkab Nganjuk Samsul Huda, SH, MH. Turut hadir Kepala Diskominfo Kabupaten Nganjuk Slamet Basuki, AP. Ikut mendampingi Sekretaris Diskominfo Kabupaten Nganjuk, Ida Sobihatin. Serta Kabid Statistik Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) Diskominfo Kabupaten Nganjuk Hari Purwanto, ST, dan Kabid Penyelenggaraan E-Goverment Diskominfo Nganjuk, Sujono, S.Kom.

Menyambut kedatangan rombongan DPRD Kabupaten Semarang, Samsul Huda menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas kunjungan tersebut. “Ini juga menjadi bahan bagi kami. Apa yang bersifat positif dan membawa kemajuan di Semarang dapat kami praktikan di Kabupaten Nganjuk,” tuturnya.

Selanjutnya, Kepala Diskominfo Kabupaten Nganjuk Slamet Basuki, AP turut menanggapi kunjungan DPRD Kabupaten Semarang tersebut. Slamet Basuki menjelaskan tentang perangkat daerah yang ia pimpin. Diantaranya menganai profil, struktur organisasi, pengelolaan sumber daya manusia (SDM), pelayanan publik berbasis teknologis informasi, maupun Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). “Indeks SPBE kita naik dari 2,22 menjadi 2,26. Dari cukup, menjadi baik,” jelasnya.

Selanjutnya, mengenai fungsi komunikasi dan informasi publik, Slamet Basuki menjelaskan tentang media informasi komunikasi yang diampu oleh diskominfo. Yaitu antara lain laman website dan Radio Suara Anjuk Ladang (RSAL) FM. 

Untuk laman website di desa, kelurahan dan kecamatan seratus persen telah terbentuk. Tersebar di 264 desa, 20 kelurahan, dan 20 kecamatan. “Hasil karya programmer Diskominfo Kabupaten Nganjuk,” tegas pria dengan sapaan akrab Slambas tersebut.

Sementara itu, Kabid Penyelenggaraan E-Goverment Diskominfo Kabupaten Nganjuk Sujono, S.Kom menjelaskan tentang bagaimana proses penerapan TTE di Kabupaten Nganjuk. Usai penjelasan TTE, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Sebagai informasi, turut hadir dalam rombongan DPRD Kabupaten Semarang tersebut, Aspemkesra Kabupaten Semarang Sunarto. Kemudian, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Semarang Wisnu Wahyudi. Termasuk para anggota Komisi C DPRD Kabupaten Semarang. Turut hadir pula jajaran Diskominfo Kabupaten Semarang.

Wisnu menjelaskan, tujuan kunjungan kerja (kunker) tersebut adalah untuk menggali informasi terkait dengan pengelolaan informasi milik Pemkab Nganjuk. Termasuk menggali informasi tentang jaringan komunikasi dan TTE. “Harapan kami dari pertemuan ini ada ilmu yang kami bawa untuk kemajuan Dinas Kominfo Kabupaten Semarang,” sambungnya.

(ZK/AL)

0 Komentar