Dinas Kominfo Permudah Kelola Administrasi Desa

Manfaatkan Tekonologi Informasi dengan Sediakan Sistem Aplikasi Pengelolaan

NGANJUK, PING-Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Nganjuk berupaya mewujudkan tata administrasi pemerintah desa yang efisien dan optimal. Apalagi, upaya itu juga selaras dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 47/2016 tentang Administrasi Pemerintah Desa.

Untuk itu, Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD), Kamis (26/08/2021). Dengan topik "Membangun Kemudahan Kerja Mengelola Administrasi Desa dengan Sistem Aplikasi".

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Nganjuk Slamet Basuki, AP mengatakan, ada beberapa indikator yang menjadi ukuran paling atas pada desa. Misalnya, Indeks Desa Membangun (IDM). Di dalam IDM, terdapat angka-angka, yang mencerminkan sejauh mana kemajuan suatu desa.

Selain itu, untuk mencerminan tingkat perkembangan desa, juga bisa dilakukan penilaian lomba. Lomba tersebut antar kelurahan atau desa, yang disebut Sistem Evaluasi Perkembangan Desa (EpdesKel) 
 
"Selain IDM dan Epdeskel, kita juga membutuhkan indikator lokal. Tujuannya untuk membantu mendeteksi dan mengukur tingkat peerkembangan desa," kata pria dengan sapaan akrab Slambas membuka diskusi di Ruang Anjuk Ladang Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk itu.

Guna mengetahui indikator lokak itu, Slambas mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Nganjuk. Kolaborasi dilakukan, dengan membuat dan menerapkan aplikasi Sedudo.

“Yang mana di dalam aplikasi Sedudo ada beberapa menu untuk membantu pemerintah desa dan pembina desa untuk menjalankan tugas sesuai SOTK,” lanjut Slambas.  

Slambas lantas memaparkan apa saja menu yang sudah berjalan. Misalnya e-Adminduk yang membantu pemerintah desa menjalankan urusan kependudukan. Selain itu, administrasi kependudukan untuk aparatur desa dengan menggunakan buku administrasi desa, saat ini penerapannya sudah secara ekektronik. "Sehingga lebih efisien dan optimal," lanjutnya.

Sebagai informasi, diskusi tersebut melibatkan beberapa pihak dan narasumber. Misalnya, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Nganjuk, Tri Wahju Kuntjoro. Kemudian, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Aspem Kesra) Pemkab Nganjuk, Samsul Huda. Serta berbagai pihak dan instansi terkait, yang hadir sebagai peserta. (Cy/Cs)

Baca Juga : 

  • DPRD Nganjuk Apresiasi Inovasi Layanan Online Dukcapil Nganjuk

0 Komentar