Dinas Arpus Sabet Piagam SJTN-JIKN dari Badan ANRI

Anugerah atas Simpul Jaringan Terbaik Nasional-Jaringan Informasi Kearsipan Nasional

NGANJUK, PING - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nganjuk kembali memperoleh penghargaan di tingkat nasional. Kali ini melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Nganjuk yang berhasil memperoleh anugerah Simpul Jaringan Terbaik Nasional (SJTN) Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN) 2021 dari Badan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Penghargaan berupa piagam tersebut diperoleh berdasarkan Keputusan Kepala Arsip Nasional RI No 383/2021 tentang Penetapan Simpul Jaringan Terbaik Nasional tahun 2021. Selain Kota Bayu, terdapat dua daerah lain di Jawa Timur yang memperoleh penghargaan serupa. Antara lain Kabupaten Lamongan, dan Kabupaten Magetan. 

Ditemui PING di ruang kerjanya Kamis (06/01/2022), Kepala Bidang Kearsipan Dinas Arpus Kabupaten Nganjuk Agus Zainal Abidin, S.Kep, NERS menyampaikan atensi dan terima kasihnya. Sebab, melalui penghargaan tersebut, Kabupaten Nganjuk berhasil menjadi sepuluh nominator terbaik di tingkat nasional.

“Untuk masuk menjadi nominator tingkat nasional tidaklah mudah. Salah satunya keterbatasan sumber daya manusia, sarana, dan prasarana yang ada di perangkat daerah kami. Namun dengan keterbatasan tersebut, kami buktikan bisa menjadi nominator sepuluh besar nasional,” tuturnya mewakili Kepala Dinas Arpus Kabupaten Nganjuk Putu Winasa, SH, MM. 

Penghargaan nominator SJTN-JIKN tahun 2021 yang diraih Dinas Arpus Kab. Nganjuk

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Seksi Layanan dan Informasi Arsip Dinas Arpus Kabupaten Nganjuk Prasulistyo Rahayu Pujowati, SE, M.Si menjelaskan, ada beberapa tahapan dan aspek penilaian pada STJN–JIKN tersebut.

Bermula seleksi administrasi pada 12 November 2021. Kemudian verifikasi lapangan. Dan dilanjutkan presentasi maupun wawancara yang dilakukan secara daring.

Selain itu, ada pula lima kriteria yang menjadi aspek penilaian STJN-JIKN. Antara lain kebijakan, sumber daya manusia, konten standar dan data informasi, infrastruktur, serta pembinaan.

“Kami mengusung NGANJUK SIP, yang merupakan kepanjangan dari Ing Galeri Nganjuk Sinau Arsip, yang juga inovasi maupun gagasan kami yang menjadi nilai tambah dalam penilaian STJN-JIKN,” jelasnya.

Sementara itu, Arsiparis Dinas Arpus Kabupaten Nganjuk Damari, S.Sos menjelaskan pentingnya pengelolaan kearsipan. Sebab, melalui arsip, catatan-catatan pada masa lampau akan terus terjaga, dan jika sewaktu-waktu dibutuhkan tetap tersedia.

“Dengan layanan NGANJUK SIP, masyarakat dapat memperoleh khasanah-khasanah tentang kearsipan. Salah satunya arsip sejarah yang ada di Kabupaten Nganjuk,” tutur Damari sembari menyebut masyarakat dapat memperoleh informasi kearsipan yang dikelola oleh lembaga kearsipan nasional, daerah, perguruan tinggi, serta lembaga dan kementerian di pusat maupun daerah melalui jikn.go.id

 

(AL/ZK)

0 Komentar