Dinas Arpus Kenalkan Nganjuk SIP kepada Pelajar

Sampaikan Pentingnya Menata Arsip

NGANJUK, PING-Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Nganjuk mengenalkan Ing Galeri Nganjuk Sinau Arsip atau disingkat "Nganjuk SIP" kepada pelajar dan OSIS SMPN 2 Nganjuk, Rabu (02/02/2022). Tujuan kegiatan tersebut adalah mengenalkan pentingnya arsip, sekaligus tata cara penataannya.

Selain itu, siswa juga dikenalkan tentang berbagai kegiatan yang ada di Dinas Arpus Kabupaten Nganjuk. Misalnya koleksi depo arsip, bimbingan teknis kearsipan, dan pameran kearsipan. Ada pula kunjungan galeri, pengawasan kearsipan, kegiatan pengelola arsip, kegiatan restorasi, dan kegiatan penelusuran sejarah. 

(Samsul Hadi mengenalkan mesin penghancur kertas kepada para siswa)

Kepala Dinas Arpus Kabupaten Nganjuk Putu Winasa, SH, MM mengatakan, kearsipan diatur dalam Undang-undang No 43/2009. Kemudian ditindaklanjuti oleh Peraturan Bupati (Perbup) Nganjuk No 04/2011.

"Dalam kedua payung hukum itu dijelaskan bahwa arsip merupakan bukti berupa catatan maupun lukisan yang digunakan sebagai bahan pertanggungjawaban pada masa yang akan datang," tuturnya.

Dijelaskan Putu Winasa, arsip sebagai rekaman informasi merupakan sumber informasi yang obyektif. Informasi menyangkut berbagai bidang. Meliputi politik, sosial, ekonomi dan budaya.  

"Perusak unsur arsip ada beberapa. Antara lain rayap, banjir dan kebakaran. Maka dari itu, kita harus menjaga arsip dengan baik. Karena arsip merupakan keutuhan bangsa," tambahnya. 

Sementara itu, Samsul Hadi, S. Sos selaku Arsiparis Dinas Arpus Kabupaten Nganjuk menambahkan, selain menjaga dan menata arsip agar aman, arsip yang sudah tidak digunakan juga harus di musnahkan. Pemusnahan arsip ada tiga cara di antaranya dengan dibakar, dihancurkan dengan mesin, dan dibuburkan. 

Arsip yang tidak digunakan dihancurkan sampai tidak terbaca lagi. Hal ini menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.  Namun arsip yang bernilai tinggi juga perlu dipelihara.

"Pemeliharaan arsip yang penting bisa dengan cara restorasi arsip atau memperbaiki arsip kembali. Asalkan media kertas dan tinta yang digunakan bagus," lanjut Samsul sambil menyampaikan jika ingin memperoleh informasi kearsipan yang dikelola oleh lembaga kearsipan nasional, daerah, perguruan tinggi, serta lembaga dan kementerian di pusat maupun daerah dapat mengakses laman jikn.go.id . (Cy/Kur)

0 Komentar