Desa Godean Gencar Lakukan Pendataan Guna Sukseskan SDGs

Libatkan Berbagai Unsur untuk Mendata 986 KK

NGANJUK, PING-Program Sustainable Development Goals (SDGs) di Kota Bayu masih terus berjalan. Saat ini, Pemerintah Desa (Pemdes) tengah gencar melakukan pendataan guna penyukseskan program tersebut. Salah satunya adalah Pemdes Godean, Kecamatan Loceret yang turut melakukan pendataan.

Suliadi selaku Kepala Desa (Kades) Godean, Kecamatan Loceret menjelaskan, pihaknya berkomitmen menyukseskan SDGs. Caranya, dengan melibatkan berbagai unsure untuk melakukan pendataan. Mulai dari pihak pemdes, kader, ketua RT dan RW maupun relawan.

“Semua unsur kami libatkan untuk mendata 986 kepala keluarga di desa kami, dengan penduduk mencapai 2.876 jiwa. Kami libatkan semua unsur agar data yang dimasukkan ke dalam sistem SDGs benar-benar valid,” terang Suliadi.

Sementara itu, Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Nganjuk Suprapto mendorong Pemdes Godean, Kecamatan Loceret untuk tetap mendata warganya pada program SDGS. Sebab, data tersebut akan menjadi acuan teknik pemantauan perkembangan suatu desa.

“Dengan demikian, apa yang dibutuhkan di suatu desa bisa tercukupi. Agar desa lebih maju berkelanjutkan sesuai data SDGs. Dan kami meminta Pemkab Nganjuk untuk memberi motivasi atau dorongan agar seluruh pemdes segera menyelesaikan pengisian data SDGs,” tandas Suparpto.

Sebagai informasi, SDGs merupakan program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Tujuannya adalah untuk merekam informasi nyata yang ada di seluruh Indonesia. Informasi tersebut sebagai acuan menciptakan kebijakan, agar tidak terjadi ketimpangan maupun kemiskinan. Sehingga dapat mewujudkan desa yang sejahtera.

0 Komentar